Sukses

Kroasia Berharap Keberuntungan

Kroasia sangat yakin Inggris bisa menahan laju Ukraina. Jika itu terjadi, peluang Vatreni melaju ke babak play-off kian terbuka. Meski demikian, Slaven Bilic mengaku timnya butuh keberuntungan.

Liputan6.com, Zagreb: Inggris yang telah memastikan diri melaju ke putaran final Piala Dunia (PD) 2010 bakal ikut menentukan peluang dua tim lainnya di kualifikasi Zona Eropa Grup 6, Kroasia dan Ukraina, meraih tiket ke babak play-off. Melihat klasemen sementara, kedua tim terpaut dua angka dimana Ukraina masih menyisakan dua pertandingan sisa.

Sesuai jadwal, The Three Lions akan bertemu dengan Ukraina di Dnipro Arena, Dnipropetrovsk, Sabtu (10/10). Andaikata Inggris kembali mengalahkan Andriy Shevchenko dkk, artinya peluang Kroasia kian terbuka lebar. Sebab, di partai terakhir kedua tim, Kroasia dan Ukraina sama-sama bertanding di kandang lawan. Sebaliknya, jika John Terry dkk tumbang, alamat buruk menghampiri pasukan Slaven Bilic.

Kurang birunya rapor Kroasia diakui sendiri oleh Bilic. “Kamilah yang harus disalahkan,” aku Bilic ketika ditanya tentang kurang kinclongnya penampilan Robert Kovac dkk. "Di laga lawan Inggris, kami tampil tanpa komposisi terbaik. Di sejumlah laga kami kurang beruntung. Tapi, secara keseluruhan, saya akui performa kami di kualifikasi jauh dari kata brilian,” tegas Bilic seperti yang dilansir di situs resmi UEFA.

Meski demikian, Bilic sangat pede jika Kroasia mampu meraih tiket ke babak play-off. “Kami berada dalam posisi yang bagus untuk meraih satu tempat di babak play-off. Saya perkirakan kami mampu meraih kemenangan di Kazakhstan dan kami yakin Inggris tidak akan menuai kekalahan di Ukraina. Jika mereka (skuad Fabio Capello) tampil dengan setengah kekuatannya dari yang mereka tampilkan di laga lawan kami di Wembley, maka saya sangat yakin Inggris bisa meraih poin,” tutur Bilic.

Lalu? “Andaikata kami mampu melaju ke babak play-off, maka kami bakal mendapatkan tambahan moril. Sebab, skuad kami bakal komplet kembali seiring dengan sembuhnya (Luka) Modric dan (Vedran) Corluka. Dengan kualitas yang kami miliki plus sedikit faktor keberuntungan, saya optimistis Kroasia mampu melaju ke putaran final PD 2010,” tandas Bilic. (MEG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.