Sukses

La Furia Roja Tetap Cuekin Valdes?

Tak ada yang menampik jika Victor Valdes punya kontribusi atas kesuksesan Barcelona. Namun, pelatih Timnas Spanyol Vicente Del Bosque memberi isyarat miring terkait peluang Valdes terbang ke Afrika Selatan.

Liputan6.com, Madrid: Pelatih Timnas Spanyol, Vicente Del Bosque menolak menjamin memberikan satu tempat bagi kiper Barcelona, Victor Valdes dalam skuad Tim Matador yang akan berkiprah di putaran final Piala Dunia (PD) 2010 di Afrika Selatan, Juni-Juli mendatang.

Del Bosque, 59 tahun, hanya menyatakan jika penjaga gawang Catalan berusia 28 tahun itu hanya mempunyai “potensi”. Sebaliknya, Del Bosque tidak mempunyai alasan untuk mencoret dua nama yang selama ini menjadi langganan timnas, portiere Real Madrid Iker Casillas dan kiper Liverpool, Jose “Pepe” Reina.

Meskipun dua kali meraih penghargaan, trofi Zamora—kiper terbaik di panggung La Liga—di musim 2004-2005 dan musim 2008-2009, sejauh ini Valdes tetap belum mendapat kesempatan membela Timnas Spanyol di kancah internasional. Pernyataan aktual Del Bosque mengisyaratkan jika Valdes tetap bakal berada di luar barisan.

“Kami tidak mungkin mencoret nama seperti Reina atau Iker (Casillas). Valdes memang pantas (dipanggil timnas). Namun, Spanyol mempunyai sekumpulan kiper berkualitas hebat. Ada Cesar (Sanchez) di Valencia, (Andres) Palop yang bermain bersama Sevilla. Lagipula masih ada kiper muda yang sangat potensial dalam diri (Sergio) Asenjo dan (David) De Gea di Atletico (Madrid),” tegas Del Bosque.

Meski demikian, dalam benak mantan entrenador Real Madrid tersebut, Valdes punya potensi untuk diterbangkan ke Afsel. “Saya masih mempunyai waktu selama dua bulan untuk memutuskan (skuad). Terang jelas jika Valdes berpotensi pergi ke PD. Tidak ada seorang pun yang memaksakan pemain pilihannya kepada kami. Saya memanggil (Sergi) Busquets sebelum ia mendapat tempat reguler di Barcelona. Sama halnya dengan (Gerard) Pique. Saya tidak mendendam terhadap siapapun.”

Sebaliknya, Del Bosque kembali menegaskan jika rekan Valdes, Pedro Rodriguez yang notabene juga belum pernah dipanggil Tim Matador, mempunyai peluang besar untuk bergabung bersama Casillas dkk. “Ia (Pedro) termasuk salah satu pemain yang kami pertimbangkan. Ia salah satu opsi bagi kami di sektor sayap. Jelas jika ia salah satu kandidat untuk dibawa ke PD,” pungkas Del Bosque.(MEG/Sport/Goal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.