Sukses

"Siapa Takut Lawan Argentina"

Bagi pelatih Timnas Nigeria, Lars Lagerback, Argentina bukanlah momok yang menakutkan. Lagerback merujuk pengalamannya saat menukangi Swedia menyingkirkan Tim Tango di penyisihan grup PD 2002.

Liputan6.com, Abuja: Sesuai dengan hasil undian putaran final Piala Dunia (PD) 2010 yang berlangsung pada 4 Desember 2009, wakil Afrika, Nigeria tergabung dalam Grup B bersama-sama tim raksasa dunia yang menjadi salah satu unggulan, Argentina, plus kuda hitam Asia, Korea Selatan, dan wakil Eropa, Yunani.

Berbeda dengan pandangan publik umumnya, di mata pelatih Super Eagles—julukan Nigeria—Lars Lagerback, Lionel Messi dkk bukanlah momok yang menakutkan. Pasalnya, Lagerback, 61 tahun, punya kenangan manis saat memermalukan Tim Tango di ajang putaran final PD 2002 yang berlangsung di Jepang-Korea. Itulah sebabnya, kini Lagerback cukup optimistis mampu membawa Nigeria lolos ke babak knock-out.

Ketika itu, Lagerback yang menangani Timnas Swedia, sukses membawa Henrik Larsson dkk—bersama-sama Inggris—melaju ke babak 16 besar setelah menyingkirkan Argentina dan Nigeria. Dalam pertandingan pamungkas grup yang menjadi partai hidup-mati, Swedia berhasil menahan imbang Gabriel Batistuta dkk 1-1.

“Setiap hari publik bertanya kepada saya soal Argentina dan para pemain bintangnya. Kami pikir, kami tidak pantas untuk merasa takut menghadapinya. Saya tahu betul bagaimana caranya menghentikan permainan Argentina. Hal itu tentunya bakal saya jelaskan kepada anak-anak asuhan saya,” tegas Lagerback yang ditunjuk Federasi Sepakbola Nigeria (NFF) menggantikan Shaibu Amodu pada 26 Februari lalu.

Dalam wawancaranya dengan majalah Nigeria, Vanguard, Lagerback mengaku bakal memusatkan perhatiannya pada kemampuan anak-anak asuhannya. “Kami harus percaya dengan para pemain kami sendiri dan memberikan semnagat kepada mereka. Kami tidak akan bermain ofensif melawan Argentina. Kami akan berusaha menjaga gawang agar tidak kebobolan, membuat mereka frustasi, lalu mengalahkan mereka,” ujar Lagerback lugas.(MEG/Goal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.