Sukses

Chollima Penuhi Undangan Zimbabwe

Sebelum terjun di putaran final PD 2010 di Afrika Selatan, wakil Asia, Korea Utara terlebih dahulu akan menjalani pemusatan latihan di Zimbabwe.

Liputan6.com, Harare: Perhelatan akbar Piala Dunia 2010 Juni-Juli mendatang bukan hanya menjadi pundi-pundi bagi sang tuan rumah, Afrika Selatan (Afsel). Negara-negara di daerah Selatan Afrika lainnya pun melihat peluang besar untuk meningkatkan industri pariwisata mereka.

Salah satunya, Zimbabwe. Negaranya Robert Mugabe yang terletak 900 km di utara Afsel itu sedang berusaha mendekati negara-negara yang akan bertanding di putaran final PD 2010 untuk melakukan pemusatan latihan (training camp) di negaranya.

Sejauh ini, menurut Menteri Pariwisata Zimbabwe, Walter Mzembi, baru Timnas Korea Utara yang menyambut gembira tawaran tersebut.  “Baru Korea Utara yang mengabarkan bahwa timnya akan datang mengunjungi negara kami. Australia dan juara dunia lima kali, Brasil, juga telah kami dekati. Tapi belum ada respon dari kedua tim.”

Mzembi menambahkan bahwa Inggris dan Amerika Serikat termasuk dari negara-negara yang diundang untuk mengunjungi negaranya menjelang turnamen paling bergengsi sekolong langit itu.

Tim besutan pelatih Kim Jong Hun ini diharapkan terbang ke Zimbabwe pada akhir Mei. Meski demikian belum ada kepastian kapan Hong Yong-Jo dkk tiba di Harare. Di Afsel, Korea Utara tergabung dalam grup "neraka", Grup G bersama Brasil, Portugal, dan Pantai Gading. (MRQ/BBC)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.