Sukses

Advis Verbeek Soal Figur Pengganti

Pelatih Timnas Australia Pim Verbeek angkat bicara soal kandidat sepeninggal dirinya. Menurutnya, Afshin Ghotbi yang sekarang menangani Timnas Iran merupakan salah satu calon kuat.

Liputan6.com, Sydney: Bukan rahasia lagi kalau setelah Piala Dunia 2010 pelatih Timnas Australia Pim Verbeek dipastikan meninggalkan posnya. Sebelum perhelatan sepakbola terakbar berlangsung, Verbeek sudah mengajukan suksesor yang akan melanjutkan tongkat estafet. Menurutnya, pengganti potensial itu adalah Afshin Ghotbi.

Ghotbi adalah pelatih Timnas Iran. Meski gagal meloloskan Iran ke Afrika Selatan, kontrak Ghotbi tetap diperpanjang karena sejak ditanganinya Iran menunjukkan performa bagus di babak kualifikasi. Figur berusia 46 tahun ini sekarang sedang menyiapkan Iran untuk berlaga di Piala Asia 2011.

Verbeek tak asal nyeplos. Ia mengetahui kapasitas Ghotbi ketika berduet menangani Timnas Korea Selatan pada Juli 2006 sampai Juni 2007. Sebelumnya Ghotbi juga sempat membantu pelatih sekaliber Guus Hiddink dan Dick Advocaat dalam menangani Korsel.

Hal tersebut diamini Verbeek. Ghotbi, menurutnya, merupakan salah satu pelatih paling berpengalaman di Asia. Ia telah bekerja sama dengan Ghotbi sejak 2001 dan merupakan salah satu figur penting yang menyiapkan Korsel untuk Piala Dunia 2002 dan 2006. “Ia sudah terbiasa bekerja dengan pelatih kelas dunia seperti Hiddink dan Advocaat,” sambung Verbeek.

“Tidak banyak pelatih yang memahami sepakbola Asia secara mendalam. Menurutku ia merupakan kandidat kuat untuk menangani Australia setelah Piala Dunia,” tutup Verbeek yang setelah Piala Dunia akan mengisi pos pelatih di Timnas Maroko.(ANO/DIM/Goal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.