Sukses

Capello Diminta Daulat James

Sejauh ini Robert Green dan Joe Hart bakal bersaing menjadi kiper di laga perdana Inggris di PD 2010 melawan AS. Namun, sejumlah pemain senior meminta Fabio Capello menurunkan kiper veteran David James.

Liputan6.com, Rustenburg: Menyimak komposisi penjaga gawang yang diturunkan Fabio Capello dalam tiga pertandingan pemanasan jelang putaran final Piala Dunia (PD) 2010, Robert Green dan Joe Hart tampaknya bakal bersaing menjadi kiper utama Timnas Inggris di laga perdana penyisihan Grup C menghadapi Amerika Serikat (AS) di Royal Bafokeng Stadium, Rustenburg, Sabtu (12/6). Namun, kabar yang muncul dari kamp latihan, sejumlah pemain senior The Three Lions meminta Capello menurunkan penjaga gawang kawakan David James.

Dari tiga partai melawan Meksiko, Jepang, dan Platinum Stars, Hart, kiper paling muda berusia 23 tahun, paling banyak mendapat kesempatan tampil, satu kali di antaranya sebagai starter di laga lawan Platinum. Dalam dua partai lainnya, Green dan James masing-masing mendapat kesempatan tampil sejak awal pertandingan.

Sampai sejauh ini, meskipun ditengarai lebih sreg menurunkan Green—kiper West Ham United berusia 30 tahun—Capello sengaja menunda keputusan tentang siapa yang bakal berdiri di bawah mistar gawang lawan The Yanks.
Akan tetapi, sejumlah pemain senior meyakini bahwa Inggris bakal mantap andaikata James, 39 tahun, yang dimainkan. Alasannya, kiper Portsmouth itu mempunyai sejumlah faktor keunggulan dibanding kedua yuniornya, yaitu sisi pengalaman, distribusi bola dan kemampuan berkomunikasi dengan para pemain belakang.

Di laga terakhir lawan Platinum, Green dan Hart dimainkan bergiliran menyusul kekhawatiran tim medis terkait kondisi James yang masih bermasalah dengan lututnya. Namun, James diklaim telah menyatakan fit dan siap diturunkan di laga lawan Landon Donovan dkk. Kini, kesempatan bagi James untuk menarik perhatian Capello tergantung dari unjuk kinerjanya di tiga sesi latihan terakhir.

Andaikata James benar-benar diturunkan Capello di Rustenberg, maka partai melawan AS merupakan pertandingan pertama bagi James yang pada dua pergelaran putaran final PD sebelumnya, PD 2002 di Jepang-Korea dan PD 2006 di Jerman, hanya menganggur di bangku cadangan.(MEG/Mirror)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.