Sukses

Imbang di Partai Pembuka

Ditandai kontroversi gol Meksiko yang dianulir, partai pembuka Piala Dunia 2010 berakhir imbang 1-1 (0-0). Afsel yang unggul lebih dulu diseimbangkan oleh penyelesaian dingin Rafael Marquez.

Liputan6.com, Johannesburg: Ditandai kontroversi gol Meksiko yang dianulir, partai pembuka Piala Dunia 2010 berakhir imbang 1-1. Afsel yang unggul lebih dulu disamakan penyelesaian dingin Rafael Marquez.

Meksiko mendominasi lima menit babak pertama. El Tri sudah memiliki peluang ketika permainan berjalan dua menit melalui sepakan Giovani Dos Santos yang ditepis Itulemeng Khune. Meksiko terus menyerang dan pada menit ke-15 sundulan Gulilermo Franco melambung. Empat menit kemudian tendangan jarak jauh Dos Santos melenceng.

Peluang Meksiko kembali gagal saat sepakan Franco dari jarak dekat bisa diantisipasi Khune. Kontroversi terjadi ketika gol Carlos Vela dianulir wasit asal Uzbekistan, Ravshan Irmatov. Asisten wasit mengangkat bendera tanda Vela offside, meskipun masih ada pemain Afsel yang menunggu di tiang jauh. Babak pertama pun berakhir imbang tanpa gol.

Pelatih Afsel Carlos Alberto Parreira melakukan perubahan di posisi full-back di masa istirahat. Lucas Thwala digantikan Tsepo Masilela. Afsel di luar dugaan memimpin 1-0 pada menit ke-55. Bermula dari serangan balik Siphiwe Tshabalala yang lolos dari pengawalan melepaskan tembakan ke pojok tiang jauh yang tidak mampu dihentikan Perez. Tshabalala bergabung ke dalam klub pencetak gol pertama Piala Dunia.

Aguirre merespon dengan mamasukkan Andres Guardado untuk menggantikan Paul Aguillar. Meksiko menaikkan tempo permainan. Pada menit ke-59 penyelamatan gemilang Khune menggagalkan gol balasan Meksiko melalui sepakan terukur Dos Santos. Meski ditekan, serangan balik Afsel tetap mengundang bahaya ketika pada menit ke-70 Teko Modise sudah berhadapan dengan Perez.

Aguirre memaksimalkan kesempatan mengganti pemainnya dengan memasukkan Cuahtemoc Blanco dan Javier Hernandez. Serangan bertubi-tubi  Meksiko akhirnya membuahkan hasil di menit ke-79. Rafael Marquez yang tidak terkawal di tiang jauh menuntaskan umpan Andres Guardado dengan dingin. Gol kedua Marquez di Piala Dunia, satu sebelumnya ketika Meksiko dikalahkan Argentina di PD 2006 di Jerman. Skor imbang 1-1.

Meksiko terus melancarkan serangan, namun serangan balik Afsel kembali mengancam gawang Perez ketika sepakan mendatar Mphela membentur tiang. Hingga wasit meniup peluit panjang kedua kesebelasan tidak ada yang mampu menambah jumlah gol mereka. Rekor tim tuan rumah yang tidak pernah kalah pada partai pembukaan pun bertambah panjang, menang 14 kali dan enam kali berakhir.

Susunan pemain:
Afsel: Khune; Mokoena, Khumalo, Gaxa, Thwala (Masilela 45); Tshbalala, Modise, Dikgacoi, Letsholonyane, Pienaar (Parker 83); Mphela.
Meksiko: Oscar Perez; Osorio, Rodriguez, Salcido, Aguilar (Guardado 55); Marquez, Torrado, Juarez; Vela (Blanco 68), Franco (Hernandez 73), Dos Santos.
Wasit: Ravshan Irmatov (Uzbekistan).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.