Sukses

Perempuan Muda Argentina Penggila Bola

Bak remaja lelaki, para perempuan muda di Argentina piawai bermain sepakbola. Sejumlah perempuan dari kawasan kumuh ini bahkan membuktikan diri dengan bermain di level internasional.

Liputan6.com, Buenos Aires: Demam bola mewabah di negeri asal Diego Maradona, yaitu Argentina. Bersamaan dengan perhelatan Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan 11 Juni-11 Juli 2010, sepakbola merasuk dalam kehidupan warga Argentina, tak terkecuali para perempuan.

Salah satu sudut yang menjadi perhatian ialah perkampungan kumuh Villa 31 di Buenos Aires. Kebanyakan perempuan muda di kawasan ini penggila bola. Lebih mengagumkan, mereka tak hanya hobi menonton, melainkan juga piawai menggiring si kulit bundar. Menggiring, mengoper, dan menyepak bola ke gawang lawan bak remaja lelaki.

Bak gayung bersambut, Pemerintah Argentina bersama lembaga swadaya masyarakat lokal menjalankan program Goal For The Girls yang sudah berjalan sejak 2008. Hasilnya, sejumlah perempuan telah mewujudkan mimpinya, yakni mewakili Argentina di kejuaraan level internasional.

Kesuksesan unjuk kemampuan akhirnya menular ke perkampungan kumuh lainnya. Para perempuan muda Argentina telah membuktikan sepakbola bisa membuat masa depan menjadi lebih baik. Kecintaan terhadap sepakbola akan semakin bertambah bila tim Tango berhasil mengangkat tropi Piala Dunia 2010 untuk kali ketiga di Afrika Selatan.(OMI/BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.