Sukses

Reina di Balik Penyelamatan Penalti Casillas

Keberhasilan Spanyol lolos ke babak semifinal Piala Dunia 2010 tidak terlepas dari kecekatan Iker Casillas yang menyelamatkan penalti milik Paraguay. Dan di balik itu terdapat jasa kiper kedua Spanyol, Pepe Reina.

Liputan6.com, Johannesburg: Iker Casillas berperan besar membawa Spanyol melangkah untuk pertama kalinya ke babak semifinal Piala Dunia setelah mengalahkan Paraguay 1-0 lewat gol tunggal David Villa. Yang dimaksud jelas sumbangsihnya dalam menyelamatkan penalti Oscar Cardozo, striker Paraguay di Stadion Ellis Park, Johannesburg, dini hari tadi.

Casillas dengan jitu menghadang tendangan penalti Cardozo pada menit ke-59. Peluang Spanyol pun tetap hidup dan Villa membayarnya dengan sebuah gol. Di balik keberhasilanya menebak arah bola, Casillas menyebut jasa Jose ‘Pepe’ Reina.

“Pepe Reina mengatakan kepadaku Cardozo melepaskan tendangan penalti ke kiri dan keras ketika saat ia berhadapan langsung dengannya,” ujar kiper sekaligus kapten utama La Furia Roja itu. “Sarannya benar-benar jitu.”

Reina gagal menyelamatkan penalti Cardozo ketika Liverpool kalah dari Benfica di pertemuan pertama babak perempat final Liga Europa yang berkesudahan 2-1. Peran Casillas bertambah telak ketika ia mementahkan peluang milik Lucas Barrios dan Roque Santa Cruz sesaat sebelum pertandingan berakhir. Keberhasilan itu meredam kebangkitan Paraguay.

“Dia (Casillas) luar biasa. Dia membuat kami percaya diri,” kata Villa yang sudah mengemas lima gol. Beberapa kali dia melakukan penyelamatan brilian yang penting buat kami. Tidak hanya saat menggagalkan penalti lawan, tapi menjelang akhir pertandingan.” Okelah kalau begitu dan kini Casillas mulai fokus meredam ambisi balas dendam Jerman yang dikalahkan dua tahun lalu di Vienna dalam partai final Piala Eropa.(DIM/AP Sport)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.