Sukses

"Kuncinya Performa dan Keberuntungan"

Menurut legenda sepakbola Belanda, Ruud Gullit, performa pemain dan keberuntungan menjadi faktor utama yang memuluskan perjalanan Tim Oranye melaju hingga ke semifinal Piala Dunia kali ini.

Liputan6.com, Johannesburg: Memiliki para pemain bintang yang sedang dalam performa baik dan sedikit keberuntungan menurut legenda sepakbola Belanda sekaligus mantan manajer Chelsea, Ruud Gullit, merupakan kunci kesuksesan Belanda untuk menembus babak semifinal Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Gullit, 47 tahun, yang membantu Belanda memenangkan Piala Eropa 1988 sebagai pemain, mengatakan bahwa playmaker Wesley Sneijder dan winger Arjen Robben merupakan pemain vital dalam skuad Bert van Marwijk kali ini. Keduanya telah menjadi sumber inspirasi bagi para pemain sejauh ini dan akan memegang peran krusial di partai semifinal melawan Uruguay di Cape Town, Rabu (7/7) dini hari nanti.

“Sneijder dan Robben merupakan pemain vital bagi Belanda. Mereka bermain sangat luar biasa. Semua pemain juga bermain dengan baik dan kami memiliki sedikit keberuntungan di pihak kami,” tutur Gullit.

Belanda diuntungkan oleh gol bunuh diri ketika menang melawan Denmark di partai perdana. Selain itu di perempat final, melawan Brasil, "Tim Oranye" juga kembali diuntungkan. Kesalahan antisipasi gelandang Felipe Melo malah berbuah gol ke gawang sendiri. Belanda akhirnya menang tipis 2-1 dan melaju hingga semifinal.

Sepanjang sejarah tidak sekalipun Belanda meraih gelar juara PD, meskipun sudah dua kali tampil di partai puncak pada era kejayaan total football tahun 1974 dan 1978. “Semua orang berharap mungkin inilah saatnya Belanda juara,” ujar Gullit. “Kami telah dua kali bermain di partai puncak, namun perbedaannya kali ini kami tidak akan bertarung melawan tim tuan rumah jika mencapai final. Ini kesempatan besar bagi tim kami untuk mencapai final, akan tetapi pertama-tama kami harus menang lawan Uruguay yang tidak boleh dipandang sebelah mata. Bukan hanya performa pemain saja yang penting kali ini, kami juga harus memiliki keberuntungan di pihak kami pada momen-momen krusial,” lanjutnya.(CHR/Telegraph)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini