Sukses

"Belanda Hanya Ingin Menang"

Di benak kapten timnas Belanda, Giovanni van Bronckhorst hanya ada satu kata: menang. Ia tidak peduli jika Belanda bermain buruk dan hanya mengandalkan keberuntungan asalkan tetap menang di tiap laga.

Liputan6.com, Johannesburg: Kapten tim nasional Belanda Giovanni van Bronckhorst membela pola permainan yang ditampilkan "Tim Oranye" sepanjang gelaran Piala Dunia (PD) 2010 di Afrika Selatan. Van Bronckhorst tidak peduli jika Belanda menampilkan pola permainan yang buruk dan hanya mengandalkan keberuntungan asalkan tetap menang dan terus melaju hingga partai puncak.

Kontras dengan tim-tim besar lainnya, seperti Argentina dan Brasil atau bahkan Jerman, penampilan Belanda kali ini terbilang biasa-biasa saja meskipun terus melaju hingga semifinal. Dan bagi Van Bronckhorst, lebih penting untuk mencapai sasaran menjadi juara dunia untuk pertama kalinya ketimbang bermain indah di mata para suporter.

“Banyak tim di turnamen kali ini telah mengatakan bahwa kami tidak memainkan sepakbola indah, meskipun kami bermain baik di fase penyisihan grup,” ujar Van Bronckhorst. “Setiap pertandingan, Anda pasti ingin bermain bagus, akan tetapi yang paling penting adalah memenangkan pertandingan," imbuhnya.

"Di masa lalu kami bermain dengan baik tetapi kami kalah. Namun  saat ini kami kami bermain dengan penuh keyakinan dan semakin dekat ke impian kami. Tentu saja kami ingin menang dengan memainkan sepakbola indah, tapi lebih penting untuk memenangkan semua laga. Tim ini (Belanda) selalu ingin memperagakan sepakbola yang menarik, meski kadang-kadang situasinya tidak memungkinkan,” lanjutnya lagi.

Bek veteran yang bermain di Feyenoord Rotterdam ini juga menambahkan, semakin sulit untuk memperagakan sepakbola indah di fase-fase akhir turnamen dan mengindikasikan partai semifinal melawan Uruguay juga kemungkinan akan berjalan hambar. “Semakin sulit untuk menampilkan permainan terbaik di babak empat besar ini. Musuh-musuh yang kami hadapi pun akan semakin tangguh. Jika kami menang dengan sepakbola indah, maka ini merupakan hal yang bagus, tetapi jika tidak, kami akan senang jika berhasil mencuri kemenangan,” tambah pemain berdarah Maluku ini.(CHR/Timeslive)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.