Sukses

10 Fakta Unik Striker Anyar Liverpool Mario Balotelli

Balotelli menjadi pemain baru Liverpool ke-9 di musim ini. Dia akan meneken kontrak selama tiga tahun untuk bermain di Anfield.

Liputan6.com, Liverpool - Mario Balotelli resmi berseragam Liverpool. Penyerang Italia itu dibeli The Reds dari AC Milan dengan banderol 16 juta pounds atau sekitar Rp 310 miliar.

Balotelli menjadi pemain baru Liverpool ke-9 di musim ini. Dia akan meneken kontrak selama tiga tahun untuk bermain di Anfield.

Untuk mendatangkan Balotelli, Liverpool harus menyodorkan klausul tambahan untuk mantan penyerang Manchester City itu. Jika Balotelli berbuat ulah, maka gajinya akan dipotong 2 juta pounds atau sekitar Rp 38,8 miliar.

"Saya sangat senang. Liverpool adalah salah satu klub terbaik di Inggris. Ini adalah tim yang hebat dengan banyak pemain muda. Hal itu yang membuat saya tertarik datang ke sini," kata Balotelli.

Ini 10 fakta unik mengenai Balotelli seperti dikutip dari laman resmi Liverpool:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cinta Brescia


1. Dilahirkan pada 12 Agustus, 1990 bernama Mario Barwuah Balotelli di Palermo dengan orang tua dari Ghana. Ia diadopsi pada usia tiga tahun oleh Franscesco dan Silvia yang berasal dari Brescia.

Balotelli adalah nama belakang keluarga tersebut yang terdiri dari Mario, Corrado dan Giovanni serta anak perempuan Cristina.

"Brecia adalah rumah saya. Saya akan kembali ke sini saat tak bermain sepak bola lagi," jelas Mario atas kecintaannya pada kota Brescia di Italia Utara.

3 dari 5 halaman

Nyaris berseragam Barcelona


2. Karir sepak bolanya tercium oleh klub divisi bawah AC Lumezzane pada 2001. Saat itu ia masih 15 tahun dan membuat debut pada April 2006 melawan Padova. Setelahnya ia bermain untuk Internazionale, Manchester City dan AC Milan.

3. Mario bisa saja menjadi pemain Barcelona di awal karirnya. Delapan tahun lalu ia berada di Catalonia untuk uji coba selama lima hari dan mencetak delapan gol. Tapi kepindahannya ke Spanyol urung dilakukan, dan ia memilih Internazionale sebagai langkah karirnya.

4. 'Super Mario' sangat aktif di media sosial. Di Twitter ia menggunakan akun @FinallyMario, di Instagram @mb459 atau di Facebook menggunakan nama Mario Balotelli.

4 dari 5 halaman

Raih Treble Winner bersama Inter Milan


5. Di usianya yang masih 24 tahun, ia telah memenangi tujuh gelar bergengsi sepanjang karirnya. Ia memenangi Liga Champions, Premier League, Piala FA, tiga gelar Serie-A dan satu Copa Italia.

Mungkin yang paling disorot adalah saat ia ikut merengkuh gelar treble bersama Internazionale 2009-10. Di Premier League, Mario mencetak 13 gol dari 23 penampilannya bersama The Citizens di musim yang berakhir dramatis pada laga terakhir musim 2011/2012 itu.

6. Balotelli memiliki 33 caps dan 13 gol untuk timnas Italia yang dimulai dari Agustus 2010. Dan Italia sangat beruntung memilikinya, pada Euro 2012 ia adalah striker utama mereka dan membawa Gli Azzurri hingga final. Yang terbaru adalah saat Balotelli mencetak gol di Piala Dunia saat mengalahkan Inggris.

7. Bersama AC Milan ia hanya membutuhkan 25 menit untuk mencetak gol debut melawan Udinese, tiga hari setelah pindah dari Manchester City. Secara total ia membuat 30 gol dari 54 penampilan bersama Rossoneri.

5 dari 5 halaman

Atmosfer di Anfield


8. Baloltelli akan mengenakan nomor punggung 45. Di tiga klub sebelumnya - Internazionale, Manchester City dan AC Milan - ia menggunakan nomor tersebut. Nomor itu tak ada yang menggunakan saat ini.

9. Tiga kali Balotelli merasakan uniknya atmosfer Anfield bersama Manchester City. Pertama pada April 2011, di mana Man City kalah 3-0, lalu pada bulan November tahun yang sama kedua tim berbagi angka dalam laga yang berakhir sama kuat 1-1. Dan terakhir pada Agustus 2012, di laga yang seru itu merupakan awal-awal datangnya Brendan Rodgers di Liverpool.

10. Mario adalah seorang teman dari Drake, seorang bintang hip-hop dari Kanada. Dimulai dari saat konser di Manchester dua tahun lalu, mereka berkawan baik. Bahkan sang penyanyi mencantumkan nama Balotelli dalam lagunya. Sebagai balasannya gol Balotelli melawan Meksiko di Piala Konfederasi 2013 didedikasikan untuknya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mario Balotelli adalah pemain sepak bola profesional Italia yang bergabung dengan klub Liga Premier Italia dan tim nasional Italia.
    Mario Balotelli adalah pemain sepak bola profesional Italia yang bergabung dengan klub Liga Premier Italia dan tim nasional Italia.

    Mario Balotelli

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Bursa Transfer