Sukses

Hancurkan Belanda, Islandia Puncaki Klasemen Grup A

Islandia menang 2-0 atas Belanda di Stadion Laugardalsvollur pada babak kualifikasi Euro 2016, Selasa (14/10/2014) dini hari WIB.

Liputan6.com, Reykjavik - Islandia sukses mengamankan tiga poin dari Belanda di Stadion Laugardalsvollur pada babak kualifikasi Euro 2016, Selasa (14/10/2014) dini hari WIB. Islandia menang 2-0 atas Belanda.

Tampil di kandang sendiri, Islandia tampil garang. Mereka berhasil mencetak gol terlebih dahulu ketika pertandingan memasuki menit kesembilan. Stefan de Vrij menjatuhkan Birkir Bjarnason di kotak terlarang, wasit pun menunjuk titik putih. Gylfi Sigurdsson yang menjadi eksekutor tendangan penalti sukses menjalankan tugasnya.

Terkejut dengan gol cepat Islandia, De Oranje (sebutan Belanda) coba melancarkan serangan balasan dengan bertumpu pada kecepatan Arjen Robben. Namun serangan mereka belum mampu mengancam gawang Islandia hingga menit ke-20.



Lima menit kemudian, Robben melepaskan umpan terobosan ke dalam kotak penalti Eslandia. Bola berhasil dikejar Robin van Persie. Tanpa pikir panjang, van Persie pun menyepak bola, tapi usahanya masih bisa digagalkan kiper Islandia, Halldorsson.

Robben hampir saja mencetak gol balasan pada menit ke-28. Sundulannya memanfaatkan umpan lambung Daley Blind masih melenceng di sebelah kanan gawang Islandia.

Hingga memasuki menit ke-35, pertandingan berjalan sengit. Kedua kesebelasan tampang imbang dalam hal ball possession. Bola pun lebih banyak berkutat di lini tengah.

Islandia sukses menggandakan kedudukan pada menit ke-41. Memanfaatkan kemelut di kotak penalti Belanda, tendangan voli Gylfi Sigurdsson meluncur deras ke gawang Cillessen.

Babak pertama berakhir dengan keunggulan Islandia dengan skor 2-0.

Baca ulasan babak kedua di page berikutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Babak Kedua

Selepas jeda, Belanda yang tertinggal gol meningkatkan intensitas serangan. Menit ke-47, Afellay mengeksekusi tendangan sudut, dia mengarahkan bola ke tiang jauh. Tapi tak seorang pemain pun yang bisa memanfaatkan umpan Afellay.

Menit ke-59, Blind melepaskan umpan lambung dari sisi kanan pertahanan Islandia. Bola mengarah ke Van Persie, tapi bek Islandia lebih dulu menghalau bola.

Lima menit kemudian, Islandia balik mengancam. Kolbeinn Sigthorsson melepaskan umpan silang dari sisi kiri pertahanan Belanda. Birkir Bjarnason yang tanpa pengawalan gagal memanfaatkan peluang tersebut. Dia gagal menggapai bola dengan kakinya.

Islandia kembali mengancam gawang Cillessen. Pada menit ke-73, Ragnar Sigurdsson melepaskan sepakan kaki kanan dari jarak jauh. Tapi bola hasil sepakannya masih tepat dipelukan Cillessen.



Sudah unggul dua gol, Islandia tidak mengendurkan serangan. Pada menit ke-81, Emil Hallfredsson melepaskan sepakan kaki kanan dari luar kotak penalti Belanda. Tapi bola hasil sepakannya belum menemui sasaran.

Semenit kemudian, Jon Dadi Bodvarsson merebut bola dari Van Der Wiel. Dia menggiring bola dari tengah lapangan hingga ke dalam kotak penalti Belanda. Ketika mendapat celah, dia pun melepaskan sepakan mendatar. Sayang, bola hasil sepakannya masih melebar di sebelah kanan gawang Cillessen.

Hingga bubaran tak ada gol tambahan tercipta, Islandia menang 2-0 atas Belanda. Kemenangan itu membuat Islandia memuncaki klasemen Grup A dengan mengemas sembilan poin. Sedangkan Belanda masih mengoleksi tiga poin.

Susunan pemain:

Islandia: Halldorsson; Sigurdsson, Arnason, Bjarnason, Skulason; Bjarmason, Gylfi, Gunnarsson, Emil; Kolbeinn Sigthorsson, Dadi Bodvarsson

Belanda: Cillessen; Van Der Wiel, de Vrij, Indi, Blind; De Jong, Affelay, Sneijder; Lens, van Persie, Robben

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.