Sukses

Liverpool Akhiri Petualangan di Liga Champions

Liverpool hanya meraih hasil imbang 1-1 lawan Basel di laga terakhir.

Liputan6.com, Liverpool - Liverpool akhirnya harus tersingkir dari Liga Champions musim ini. Hasil imbang 1-1 lawan Basel, Rabu (10/12/2014) dini hari WIB membuat mereka hanya mengumpulkan lima poin dari enam laga, atau tertinggal dua poin dari Basel yang ada di posisi runner up.

Liverpool langsung memegang kendali permainan sejak menit pertama. Pada menit kedua, Steven Gerrard membuat peluang pertamanya. Sayang tendangannya masih lemah dan mudah diselamatkan Tomas Vaclik.

Pada menit ke-12, giliran tim tamu yang punya peluang. Sayangnya tendangan Shkelzen Gashi yang mendapat terobosan dari Luca Zuffi masih melambung di atas mistar gawang.

Pendukung tuan rumah terdiam pada menit ke-24. Melalui kerja sama antara Zuffi dan Fabian Frei di luar kotak penalti, tendangan keras kaki kiri Frei meluncur deras ke sudut kanan gawang Simon Mignolet. Basel pun unggul 1-0.

Liverpool coba membalas tiga menit kemudian. Sayangnya usaha Raheem Sterling melalui sepakan kaki kirinya dari dalam kotak penalti masih mudah ditangkap Vaclik.

Tim tamu nyaris menggandakan kedudukan pada menit ke-32. Namun tendangan voli Marco Strellar dari dalam kotak penalti menyamping tipis dari mistar gawang.

Tiga menit sebelum laga usai, Basel sempat membuat gol melalui Gashi. Namun sayangnya wasit menganulir gol ini karena posisinya sudah dianggap offside.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Babak Kedua

Tertinggal satu gol membuat Liverpool terus meningkatkan tempo permainan di babak kedua. Namun hingga menit ke-58, tak ada peluang emas yang diciptakan The Reds.

Petaka Liverpool justru datang pada menit ke-60. Lazar Markovic yang baru masuk pada babak kedua justru mendapat kartu merah. Ia dengan sengaja menampar Marco Streller yang coba menjaganya.

Liverpool baru mendapat peluang pertamanya pada menit ke-67. Tendangan jarak jauh Martin Skrtel menyamping tipis di atas gawang Basel.

The Reds memprotes keputusan wasit yang tidak memberikan penalti pada menit ke-70. Padahal dalam tayangan ulang terlihat jelas Steven Gerrard dijatuhkan Tomas Vaclik.

Gerrard benar-benar membuat pendukung Liverpool bersorak pada menit ke-80. Tendangan bebasnya sedikit di luar kotak penalti tak mampu diadang Vaclik. Skor pun berubah menjadi 1-1.

Tim tamu punya peluang pada menit ke-84 melalui Zuffi. Beruntung Mignolet mampu melakukan penyelamatan gemilang sehingga hanya menghasilkan lemparan ke dalam.

Liverpool nyaris menambah gol semenit kemudian. Tapi sundulan Henderson yang sempat membentur bek Basel mampu diselamatkan Vaclik.

Sayangnya, hingga akhir laga Liverpool gagal menambah jumlah golnya. Sehingga mereka harus tersingkir dari Liga Champions. Basel pun lolos mendampingi Real Madrid dengan tujuh poin dari enam laga.


Liverpool : Mignolet, Johnson, Enrique/ Moreno (46), Lovren, Skrtel, Lucas/ Coutinho (74), Allen, Henderson, Gerrard, Sterling, Lambert/ Markovic (46).

Basel : Vaclik, Xhaka, Schar, Suchy, Safari, Elneny/ Diaz (83), Frei, Zuffi/ Samuel (88), Gonzalez, Streller/ Embolo (74), Gashi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Steven Gerrard adalah eks pemain sepak bola yang pernah membela beberapa klub. Kini, ia menjadi seorang pelatih di Aston Villa
    Steven Gerrard adalah eks pemain sepak bola yang pernah membela beberapa klub. Kini, ia menjadi seorang pelatih di Aston Villa

    Steven Gerrard

  • Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa
    Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa

    Liga Champions

  • Basel