Sukses

Eksklusif:Tri Retno Mutiara, Pengumpan Manis Jakarta Electric PLN

Sejak kelas satu SMA, Tri Retno Mutiara berpisah dengan orang tua dan pindah ke bandung untuk mewujudkan cita-cita menjadi pemain nasional.

Liputan6.com, Jakarta - Usianya baru 17 tahun, tapi ia sudah dipercaya sebagai otak dari permainan tim putri Jakarta Electric PLN di ajang kompetisi bola voli pertamina proliga 2015. Ia adalah Tri Retno Mutiara atau akrab disapa Tiara.

Darah bola voli mengalir dari sang ibu. Sejak masih kelas lima sekolah dasar, ia sudah diperkenalkan sang ibu dengan olahraga ini. Bergabung dengan klub Puspita Cirebon, dara kelahiran Cirebon, 16 November 1997 itu mulai mengikuti turnamen-turnamen bola voli di bandung sejak kelas satu sekolah menengah pertama. Ternyata bakat Tiara dipantau pelatih dari klub Wahana Bandung.

Terhitung sejak kelas satu sekolah menengah atas, ia pindah ke Bandung dan bergabung dengan Wahana. Untuk mewujudkan cita-citanya menjadi pemain nasional, ia rela harus berpisah dengan orang tua.

Keputusan Tiara bergabung dengan Wahana tepat. Tak hanya prestasi nasional, tingkat ASEAN pun pernah diraihnya, seperti medali emas pekan olahraga pelajar nasional 2013, medali emas ASEAN School games 2013, medali emas ASEAN school games 2014, dan medali perak ASEAN school volleyball championship 2014.

Tahun ini, ia berpeluang membawa Jakarta Electric PLN menjadi juara Pertamina Proliga 2015. Tak hanya itu, performa bagusnya bersama Jakarta Electric PLN juga mengantarkan masuk Timnas Indonesia untuk SEA Games 2015 di Singapura. Apa harapan Tiara yang tengah mengikuti ujian nasional untuk Electric PLN dan SEA Games? Simak video wawancara khusus Tiaral di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.