Sukses

Setelah Kartu Hijau, Liga Eropa Pakai Kartu Putih?

Mulai akhir pekan ini, kasta kedua Liga Italia menerapkan aturan baru di lapangan.

Liputan6.com, Nyon - Kartu hijau yang diterapkan Serie B Italia ternyata berasal dari ide Presiden UEFA, Michel Platini. Bahkan sebelumnya Platini meluncurkan ide untuk menggunakan kartu putih.

Mulai akhir pekan ini, kasta kedua Liga Italia menerapkan aturan baru di lapangan. Mereka akan memberikan kartu hijau bagi setiap pemain yang dianggap fair play selama pertandingan.

Menariknya tidak akan ada implikasi apapun saat pemain menerima kartu hijau. Mereka hanya akan dicatat oleh ofisial pertandingan.

Berbeda dengan kartu hijau, kartu putih lebih punya dampak dalam lapangan. Platini mengusulkan pemain yang mendapat kartu putih wajib keluar dulu selama lima atau 10 menit sebelum kembali lagi ke lapangan.

"Kartu kuning masih tetap ada, namun sangat menarik jika ada kartu lain diperkenalkan," ujar Platini seperti dilansir The National akhir tahun lalu.

"Pemain yang akan mendapat kartu putih adalah pemain yang melakukan diving, mengkritik di lapangan, dan berlaku tidak sopan. Kita harus belajar banyak dari olahraga lain seperti rugbi." (Vid/ Win)

Baca Juga:

Inovasi Baru, Serie B Italia Perkenalkan Kartu Hijau

Legenda MotoGP: Usia Rossi Bukan Penghalang untuk Juara

Mengenal Lebih Dekat Pebasket Cantik Hanum Fasya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.