Sukses

Rivalitas Rossi vs Marquez di MotoGP Sepang dalam Hitungan Waktu

Setelah Marc Marquez tersingkir, Valentino Rossi hanya sekali lebih cepat dari Jorge Lorenzo.

Liputan6.com, Sepang- MotoGP 2015 menyuguhkan drama rivalitas pembalap Yamaha Valentino Rossi Vs pembalap Repsol Honda Marc Marquez di GP Sepang, Malaysia. Pada seri tersebut, kedua pembalap bersenggolan di lap ke-7 dan menyebabkan Marquez tak mampu melanjutkan lomba hingga lap teakhir.

Rossi menjadi pemeran antagonis dalam drama ini. Pembalap Italia itu dituding telah sengaja menjatuhkan Marquez. Ditengarai ini merupakan aksi balas dendam Rossi atas sikap Marquez yang dituding telah membantu rekan setim Rossi, Jorge Lorenzo merebut gelar juara dunia musim ini.

Rossi divonis bersalah. Dia dikenai penalti tiga poin dan harus start dari barisan paling belakang di seri Valencia. Sedangkan Marquez yang dianggap sebagai provokator luput dari sanksi.

Hukuman ini membuat peluang Rossi meraih gelar juara dunia semakin tipis. Sebab saat ini dia hanya berjarak 7 poin dari Lorenzo yang menguntit di posisi kedua. Untuk merebut gelar terhormat tersebut, Rossi butuh keajaiban di Valencia nanti.

Namun terlepas dari drama tersebut, balapan tetaplah balapan. Kecepatan di tiap lap menjadi barometer kualitas pembalap di atas lintasan. Seperti dilansir Crash.net, sebelum berakhir di lap 7, rivalitas Rossi-Marquez telah membuat kedua pembalap ini kehilangan banyak waktu di Sepang.

Namun setelah Marquez tersingkir, Rossi juga ternyata tidak banyak perubahan. Sepanjang balapan, Rossi hanya sekali  saja bisa melebihi kecepatan Lorenzo dan tidak pernah lebih cepat dari Pedrosa yang akhirnya finish di posisi pertama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rivalitas Lap per Lap

Berikut Rivalitas Lap per Lap Rossi vs Marquez di GP Sepang:

Posisi Start: Dani Pedrosa (1), Marc Marquez (2), Valentino Rossi (3), Jorge Lorenzo (4)

Lap1: Pedrosa, Marquez, dan Rossi sukses mempertahankan posisinya, sementara Lorenzo sempat tercecer setelah tikungan pertama sebelum kembali lagi ke urutan keempat.

Lap 2: Lorenzo melewati Rossi di urutan ketiga pada tikungan 1
Jorge Lorenzo: 2m 0.606s
Dani Pedrosa 2m 0.795s
Marc Marquez 2m 0.818s
Valentino Rossi 2m 1.268s

Lap 3: Marquez membuat kesalahan dalam pengereman dan membuatnya melebar ke trotoar pada tikungan 4. Situasi ini dimanfaatkan Lorenzo dan menyodok ke posisi kedua. Sedangkan Marquez dan Rossi tetap di posisi tiga dan empat.

Dani Pedrosa 2m 0.822s
Jorge Lorenzo 2m 0.894s
Valentino Rossi 2m 1.361s
Marc Marquez 2m 2.003s

Lap 4: Rossi melewati Marquez untuk kali pertama di tikungan 4.
Jorge Lorenzo 2m 0.932s
Dani Pedrosa 2m 0.972s
Valentino Rossi 2m 1.127s
Marc Marquez 2m 1.360s

3 dari 3 halaman

Drama Lap 5-7

Lap 5: Dengan berani Marquez sempat menyalip Rossi di tikungan 1. Marquez melakukannya lagi di tikungan 4. Namun Rossi berhasil merebutnya kembali namun sedikit melebar sehingga Marquez kembali di depan setelah tikungan 5.

Rossi menekan rem jelang tikungan ke-9, namun Marquez tetap berada di sisi luar. Rossi berganti ke dalam di tikungan 11 dan kembali berada di depan Marquez, meski dia hampir saja terjatuh--kakinya terpaksa terangkat dari pijakan kaki. Marquez memanfaatkan momen ini untuk kembali ke depan.

Jorge Lorenzo 2m 1.174s
Dani Pedrosa 2m 1.247s
Marc Marquez 2m 2.107s
Valentino Rossi 2m 2.363s

Lap 6: Rossi menekan di sisi dalam Marquez saat memasuki tikungan ke-7, memaksa pembalap Honda itu menganggkat motornya. Rossi lalu melihat ke belakang dan  membuat gerakan badan selepas keluar dari tikungan kedelapan. Namun Marquez kembali menyalip Rossi pada tikungan ke-14.

Jorge Lorenzo 2m 1.335s
Dani Pedrosa 2m 1.408s
Marc Marquez 2m 1.938s
Valentino Rossi 2m 1.937s

Lap 7: Rossi kembali mengambil sisi dalam saat melewati tikungan ke-10, menahan Marquez hingga tikungan ke-11 dan 12. Marquez lalu berusaha melebar saat memasuki tikungan ke-13 yang panjang sembari rebahan ke kanan--Rossi duduk tegak dan melihat ke arah Marquez sebanyak dua kali sembari melambatkan laju kendaraannya untuk menekan Marquez ke luar lintasan. Keduanya pun bersenggolan, dan Rossi kemudian meninggalkan Marquez yang tergelincir ke sisi lintasan.  

Laps tercepat selama balapan:
1. Jorge Lorenzo 2m 0.606s (lap 2)
2. Dani Pedrosa 2m 0.795s (lap 2)
3. Marc Marquez 2m 0.818s (lap 2)
4. Valentino Rossi 2m 1.127s (lap 4)

Urutan Podium:
1. Dani Pedrosa (Repson Honda)
2. Jorge Lorenzo (Movistar Yamaha)
3. Valentino Rossi (Movistar Yamaha)

(Rco/Win)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.