Sukses

Benitez Dipecat, Eks Pelatih Madrid Sindir Ronaldo

Eks pelatih Madrid asal Brasil buka suara soal pemecatan Rafael Benitez dan pengaruh Ronaldo.

Liputan6.com, Madrid: Mantan pelatih Real Madrid, Vanderlei Luxemburgo menyindir Cristiano Ronaldo yang disebutnya sering melebih batas. Karena sosok bintang, kata dia, Ronaldo kerap melewati wewenang seorang pelatih.

Ini terjadi di era Rafael Benitez. Santer diberitakan jika Benitez tak dihormati Ronaldo gara-gara taktiknya tak cocok. Luxemburgo yang pernah melatih Zinedine Zidane pada musim 2004/05 yakin pria Prancis itu bisa tekan ego Ronaldo.

Luxemburgo tahu betul bagaimana kualitas Zidane saat menjadi kapten di Real Madrid. "Apapun yang terjadi di ruang ganti selalu dipublikasi. Zidane seorang pemimpin di ruang ganti saat masih jadi pemain, jadi Ronaldo harus paham ada orang yang punya jiwa pemimpin dan pengetahuan yang banyak tentang sepak bola sekarang," katanya seperti dikutip Marca.

"Ruang ganti terkadang jadi milik pemain, tapi mulai saat ini sudah milik pelatih. Jika Ronaldo berpikir dialah pelatihnya, itu bakal sulit," kata pria berusia 63 tahun yang kini melatih klub China, Tianjin Quanjian.

Dia tak ragu untuk memuji Barcelona yang disebutnya tetap menjunjung tinggi hirarki pelatih di ruang ganti.

"Barcelona contoh yang baik untuk menunjukkan jika Messi hanya seorang pemain. Dia tetap pemain biasa saat ada Guardiola dan seperti Neymar. Dia bintang tapi tetap saja pemain biasa. Ada garis batas yang jelas," tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Korban Pemecatan

Luxemburgo juga mengalami masa yang pahit ketika di Real Madrid. Harus tangani "Los Galacticos" seperti David Beckham, Roberto Carlos, Ronaldo dan Zinedine Zidane, dia pun gagal memberikan gelar untuk Madrid.

Alhasil, suksesor Jose Antonio Camacho dan Garcia Remon ini hanya bertahan satu tahun saja di Real Madrid. Dia menjadi korban 'kegalauan' Presiden Florentino Perez yang kesulitan cari pengganti Vicente Del Bosque.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.
    Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.

    Cristiano Ronaldo

  • Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga
    Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga

    Real Madrid

  • Zinedine Zidane merupakan eks pemain sekaligus legenda Real Madrid yang kini menjajaki karier sebagai seorang pelatih Los Blancos
    Zinedine Zidane merupakan eks pemain sekaligus legenda Real Madrid yang kini menjajaki karier sebagai seorang pelatih Los Blancos

    Zinedine Zidane

Video Terkini