Sukses

5 Pemain Top yang Bermain Hingga Usia Senja

Pemain bintang tersebut tidak memutuskan pensiun meski sudah berusia senja.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pemain sepak bola top dunia seringkali mulai berlatih sejak usia dini. Beberapa dari mereka bahkan sudah mengenal sepak bola saat masih balita.

Namun untuk menjadi pesepak bola profesional, seorang pemain biasanya memiliki tingkatan usia berbeda. Ada yang mulai sejak usia 16 tahun, atau ada juga yang baru masuk ke level itu saat usia 20 tahun.

 

Baca Juga

  • Intip 4 Pembalap Pesaing Rio Haryanto di Manor F1
  • Bertanding pada Suhu -21C, Pemain Bawa Selimut ke Lapangan
  • Klub Amatir Inggris Gelar 'Malam Cabul' untuk Fans



Meski demikian ada beberapa keuntungan menjadi pesepak bola top saat si pemain masih berusia muda. Ya, masa depan yang masih panjang serta faktor fisik yang masih menunjang dapat membantu si pemain meraih banyak prestasi.

Akan tetapi bagaimana dengan pemain yang sudah memasuki usia senja? Tentunya akan ada penurunan kualitas baik dari segi permainan maupun kemampuan fisik jika si pemain sudah berumur 30 tahun ke atas.

Namun ternyata ada beberapa pemain bintang yang masih bermain hingga usia senja. Bahkan beberapa diantaranya masih memegang peranan penting di klub.

Siapa saja mereka? Berikut 5 pemain yang masih bermain hingga usia senja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Giggs

1. Ryan Giggs (40 tahun)

Ryan Giggs mulai memperkuat tim senior Manchester United pada tahun 1990. Saat itu usianya baru menginjak 17 tahun.

Namun seiring berjalannya waktu, peran pemain asal Wales itu kian penting. Ia kerap mengisi skuat utama di bawah asuhan Sir Alex Ferguson.

Pada musim 2013/2014, tepatnya saat berusia 40 tahun Giggs mulai menjalani peran barunya, yakni sebagai pemain sekaligus asisten manajer. Barulah pada musim 2014/2015, Giggs yang saat itu berusia 41 tahun resmi menjalani peran barunya sebagai asisten Louis van Gaal

3 dari 6 halaman

Scholes

2. Paul Scholes (39 tahun)

Paul Scholes adalah salah satu gelandang terbaik yang pernah dimiliki Manchester United. Sejak usia 14 tahun pemain asal Inggris itu sudah berlatih bersama akademi Setan Merah.

Scholes sebenarnya sudah memutuskan pensiun pada akhir 2011. Kala itu ia sudah berusia 37 tahun. Namun pada musim 2012/2013, jasanya masih dibutuhkan sehingga ia kembali bermain selama satu musim.

Akibatnya Scholes baru resmi menanggalkan sepatunya pada usia 39 tahun. Kini pria berusia 41 tahun itu menjadi komentator.

4 dari 6 halaman

Totti

3. Francesco Totti (39 tahun dan masih berlanjut)

Gelandang AS Roma, Francesco Totti, masih bermain untuk klub itu. Padahal usianya kini sudah menginjak 39 tahun.

Totti memulai kebersamaan dengan Roma sejak tahun 1989 silam. Kala itu ia masih berusia 13 tahun.

Bersama Roma, Totti sudah meraih satu gelar Serie A, dua Coppa Italia, serta dua Piala Super Italia.

5 dari 6 halaman

Del Piero

4. Alessandro Del Piero (39 tahun)

Del Piero masih bermain saat usianya menginjak 39 tahun pada 2014 lalu. Saat itu ia masih bermain untuk Delhi Dynamos, klub Indian Super League.

Tahun lalu legenda sepak bola Italia itu memutuskan pensiun. Kini ia menjadi komentator di Sky Sport Italia.

6 dari 6 halaman

Zanetti

5. Javier Zanetti (40 tahun)

Legenda Inter Milan, Javier Zanetti, bergabung dengan Inter Milan pada 1995 silam. Pada akhir 2014 ia memutuskan untuk pensiun sebagai pemain.

Saat itu usia pemain asal Argentina tersebut sudah menginjak 40 tahun. Kini Zanetti yang berusia 42 tahun menjabat sebagai wakil presiden Inter Milan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini