Sukses

Hari Ini, Debut Kartu Hijau di Serie B Liga Italia

Laga antara Spezia kontra Bari di Stadion Alberto Pico jadi pertama kalinya kartu ini diberlakukan.

Liputan6.com, Spezia - Kartu hijau bakal memulai debutnya di Serie B Liga Italia hari ini, Jumat (15/1/2016). Laga antara Spezia kontra Bari di Stadion Alberto Pico menjadi kali pertama kartu ini diberlakukan.

Rencana menggunakan kartu hijau di Serie B memang sudah mencuat sejak awal September 2015. Kartu hijau ini tidak akan dikeluarkan wasit ketika pertandingan masih berjalan. Melainkan, diumumkan wasit dan ofisialnya setelah pertandingan berakhir.

Baca Juga

  • 5 Rekor Ronaldo yang Sulit Dipecahkan Dalam Waktu Dekat
  • Ironis, Pedrosa Masuk Daftar Penunggak Pajak di Spanyol
  • Baru Dibeli Arsenal, Elneny Terancam Absen Setahun

Kartu hijau ini bukan sebuah hukuman, melainkan penghargaan. Pemain inti, pelatih, hingga pemain yang duduk di bangku cadangan bisa mendapat kartu hijau bila bersikap fair play. Contohnya, menendang bola ke luar lapangan saat ada pemain cedera atau mengingatkan wasit bila terjadi pelanggaran.

Presiden Serie B, Andrea Abodi menjelaskan, penerapan kartu hijau ini dimaksudkan untuk memperbaiki citra sepak bola Italia yang sempat tenggelam karena kasus Calciopoli. "Ini penghargaan simbolis. Memang sangat sederhana, tapi hal terpenting adalah mengakui tindakan fair play," ucap Abodi, seperti diberitakan media Italia, Gazzetta dello Sports.

Abodi menambahkan, "Ini salah satu inisiatif di dalam dan luar lapangan. Kartu hijau ini bisa didapat ketika ada rasa penghormatan selama permainan." *

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.