Sukses

Kalahkan Murray, Djokovic Juara Australia Open 2016

Ini merupakan gelar Australia Open keenam yang dimenangkan Novak Djokovic.

Liputan6.com, Melbourne - Novak Djokovic memenangi gelar juara Australia Open 2016. Unggulan pertama asal Serbia tersebut mengalahkan Andy Murray 6-1, 7-5, dan 7-6 (7-3) pada partai final di Rod Laver Arena, Melbourne Park, Minggu petang (31/1/2016), dalam waktu 2 jam 52 menit.

Ini adalah kali keenam Djokovic juara Australia Open. Sebelumnya, ia pernah memenanginya pada 2008, 2011, 2012, 2013, serta 2015. Ini juga menjadi gelar Grand Slam ke-11 bagi petenis berusia 28 tahun itu.

Baca Juga

  • Empat Pemain Spurs Masuk Radar MU
  • Jelang Bali Island Cup II, Bali United Jajal PS TNI
  • Cerita Petenis Difabel Inggris Peraih Gelar Australia Open 2016

Pada set pertama, Djokovic mengawali pertandingan dengan sangat mudah. Dua kali bisa mematahkan servis Murray, dia memimpin 5-0. Hanya butuh 30 menit, Djokovic memenangi set pertama.

Murray bangkit di set kedua. Petenis Inggris Raya tersebut memberikan perlawanan ketat hingga skor imbang 3-3. Kedua petenis saling mematahkan servis hingga skor 5-5. Pada game ke-11, Djokovic kembali mematahkan servis Murray dan unggul 6-5. Dia akhirnya memenangi set kedua dalam waktu 80 menit.

Petenis Serbia Novak Djokovic juara Australia Open 2016 setelah mengalahkan Andy Murray di final, Minggu (31/1/2016). (Liputan6.com/REUTERS/Jason O'Brien) 

Pada set ketiga, pertandingan kembali berlangsung ketat. Sempat kehilangan servis di game pertama, Murray bisa menyamakan skor menjadi 3-3 hingga 6-6. Sayang, saat tiebreak, penampilan Murray menurun dan dimanfaakan Djokovic untuk memenangi pertandingan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Djokovic dan Murray Saling Memuji

"Saya harus menghormati Murray untuk turnamen besar lainnya," kata Djokovic usai pertandingan seperti dilansir BBC.

"Dia seorang juara besar, sahabat, dan seorang profesional hebat yang saya yakini akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk memenangkan trofi."

Sementara itu, bagi Murray, ini adalah kekalahan kelimanya di final Australia Open, empat di antaranya dari Djokovic. "Saya merasa seperti saya sudah di sini sebelumnya. Selamat untuk Djokovic. Memenangi enam gelar juara Australia Open merupakan prestasi yang luar biasa," ucap Murray.

Petenis Serbia Novak Djokovic juara Australia Open 2016 setelah mengalahkan Andy Murray di final, Minggu (31/1/2016). (Liputan6.com/REUTERS/Issei Kato)

"Saya ingin berterima kasih kepada tim saya yang membantu saya sampai di posisi ini. Maaf saya tidak bisa menyelesaikannya. Terima kasih untuk semua dukungan Anda selama beberapa minggu yang sulit di luar lapangan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini