Sukses

7 Fakta Menarik Guardiola Gabung Manchester City

Guardiola menjadi pelatih dengan bayaran termahal di dunia.

Liputan6.com, Manchester - Musim belum berakhir, Manchester City sudah mengumumkan nama manajer anyar mereka untuk musim depan. Josep Pep Guardiola ditunjuk sebagai suksesor Manuel Pellegrini menjadi manajer The Citizens.

Kabar ini sesungguhnya tidak terlalu mengejutkan, mengingat Guardiola sudah sejak awal musim ini dikaitkan dengan dua klub asal Kota Manchester, Manchester City dan Manchester United. Namun, kali ini City yang memenangi perburuan mendapatkan tanda tangan mantan pelatih Barcelona itu.

Guardiola masih tetap menangani Bayern Muenchen hingga akhir musim ini. Kebetulan kontrak pelatih berusia 45 tahun ini bersama Muenchen bakal habis pada Juni 2016.

City diketahui klub yang ambisius untuk memenangkan berbagai gelar bergengsi yang bisa mereka raih. Bukan rahasia lagi bila City amat menginginkan trofi Liga Champions, dan Guardiola dianggap orang yang mampu memenangkannya untuk The Citizens.
Infografis torehan Josep Guardiola (Abdillah/Liputan6.com)
Untuk urusan membawa tim juara, nama Guardiola menjadi jaminan. Sejumlah trofi bergengsi telah dia menangkan, baik bersama Barcelona maupun Bayern Muenchen.

19 gelar dia menangkan bersama Barcelona dan Muenchen dalam kurun waktu enam setengah tahun. Jumlah itu berpotensi bertambah jika dia kembali mengantarkan Muenchen juara lagi musim ini.

Berikut fakta-fakta menarik Pep Guardiola gabung Manchester City:

1. City mengontrak Guardiola dengan durasi tiga tahun, dimulai dari Juni 2016.

2. Dikontrak City, Guardiola menjadi manajer dengan bayaran termahal di dunia dengan gaji 15 juta pounds per musim.

3. Dalam karier manajernya yang dimulai sejak 2008, statistik menunjukkan Guardiola memenangkan trofi setiap 20,2 pertandingan.

4. Guardiola menjadi orang Spanyol pertama yang menjadi manajer City.

5. Sejak memulai karier manajernya pada 2008, Guardiola telah memenangkan 19 gelar.

6. Guardiola tidak mau melakukan wawancara empat mata dengan jurnalis. Dia bicara di konferensi pers.

7. Guardiola sampai saat ini menguasai empat bahasa, Jerman, Spanyol, Catalan dan Inggris.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.