Sukses

Berapa Harga Sasis Mobil F1 Rio Haryanto?

Rio Haryanto menabrak pembatas di Sirkuit Katalunya pada tes pertama di Sirkuit Katalunya pekan lalu.

Liputan6.com, Barcelona - Seminggu lalu, Rio Haryanto mengalami kejadian yang tidak diharapkan saat latihan pramusim di Sirkuit Katalunya, Barcelona, Spanyol. Mobil Manor Racing yang dikendarainya menabrak pembatas.

Baca Juga

  • Manor Racing: Oli Bocor Bikin Rio Haryanto Kehilangan Waktu
  • Catatan Waktu Rekan Rio Haryanto di Manor Racing Membaik
  • 4 Fakta Menarik Sesi Tes Pramusim Rio Haryanto di Formula 1

Hal itu membuat tim teknis Manor Racing harus menciptakan sasis baru untuk Rio agar bisa latihan pramusim jilid II. Manor Racing harus membuat yang baru karena mobil pertama Rio mengalami kerusakan yang cukup parah.

Manajer Rio, Piers Hunnisetts mengatakan, pembuatan sasis baru memakan biaya yang besar. Tidak tanggung-tanggung, biaya pembuatan satu sasis MRT05 hampir Rp 100 miliar.

"Untuk membuat sasis baru itu menghabiskan dana sebesar 6 juta euro (Rp 86 miliar)," ucap Piers saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (4/3/2016) dinihari WIB.

Lebih lanjut, Piers mengatakan, biaya sebesar itu akan ditanggung oleh Manor Racing. "Itu menjadi pekerjaan tim, Rio tidak perlu mengeluarkan uang lagi," katanya.

Hari ini (waktu Spanyol), pembalap berusia 23 tahun tersebut bakal menjalani simulasi lomba di Sirkuit Catalunya, Spanyol. Rio dijadwalkan mengikuti simulasi lomba sekaligus jadi tes pramusim terakhir di Sirkuit Katalunya sebanyak 50 lap.

Selain itu, Rio juga bakal diperlihatkan tentang cara Manor Racing menangani proses pit stop. Nantinya, proses pit stop untuk mengganti ban dibutuhkan 15 orang, berbeda dengan GP2 yang hanya membutuhkan enam orang.

"Dia sudah siap, sama seperti hari-hari sebelumnya. Tidak ada persiapan khusus yang dilakukan Rio," ucap Piers.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini