Sukses

Manajer Beberkan Kerusakan Utama Mobil Rio Haryanto

Manor Racing menyebut mobil Rio Haryanto mengalami masalah transmisi yang membuatnya tak bisa melanjutkan balapan.

Liputan6.com, Melbourne - Piers Hunnisett buka suara. Manajer Rio Haryanto itu membeberkan masalah utama yang menyebabkan mobil Manor Racing MRT05 yang dikendarai Rio  tidak bisa melaju hingga garis finis di Albert Park, Melbourne, Australia, Minggu, 20 Maret 2016.

Rio tak bisa mewujudkan ambisinya menyentuh garis akhir dalam debut Formula 1. Mobil yang dikendarainya mengalami kerusakan pada lap ke-17. Manor Racing menyebut mobil Rio mengalami kerusakan pada driveline.

Baca Juga

  • Southampton Vs Liverpool: The Reds Asah Ketajaman
  • Manchester City Vs MU: Fernando Minta Fans Teror Setan Merah
  • MotoGP: Rossi dan Lorenzo Adu Mulut di Qatar

"Kerusakannya ada pada gearbox," ucap Piers, yang merupakan manajer Rio saat dihubungi Liputan6.com.

Gearbox merupakan suatu alat khusus yang diperlukan untuk menyesuaikan daya atau torsi (momen/daya) dari motor yang berputar. Gearbox juga sebuah alat yang mampu mengubah tenaga motor menjadi lebih besar.

Mobil MRT05 saat masuk garasi usai mengalami kerusakan gearbox pada lap 17. (Twitter/F1)

Gearbox yang berada di mobil pembalap kebanggaan Indonesia itu tidak bisa bekerja dengan semestinya. Alhasil tim teknis Manor Racing terpaksa menghentikan aksi Rio di Albert Park dengan alasan keselamatan.

"Ini hanya masalah normal. Memang harus dihentikan sebelum terjadi masalah yang lebih besar lagi," kata Piers.

Piers yang berada di Australia menemani Rio merasa tidak yakin Manor Racing bakal mencari kerusakan lain yang menyebabkan MRT05 tidak bisa melanjutkan balapan. "Saya tidak yakin tim bakal menginvestigasi lebih jauh. Sebab, tim hanya mengganti bagian yang rusaknya saja," kata Piers.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini