Sukses

Urusan Pemain Juara, City Ungguli 5 Klub Papan Atas Liga Inggris

Manchester City memiliki 18 pemain yang pernah mencicipi trofi kompetisi domestik.

Liputan6.com, London - Liga Inggris sedang memasuki fase krusial. Tersisa tujuh pekan, ada enam tim yang bersaing ketat untuk menjadi kampiun.

Leicester City boleh saja menjadi pemuncak klasemen sementara.The Foxes mengumpulkan 66 poin dari 31 laga.

Baca Juga

  • Lorenzo Tepis Rumor Ditawari Kontrak Ducati
  • 7 Fakta Menarik Ronaldinho yang Jarang Diketahui
  • Persaingan Juve-Napoli Demi Scudetto Masuki Pekan Kritis



Padahal materi pemain mereka jauh dari meyakinkan. Pasalnya, hanya ada empat pemain yang pernah merasakan gelar liga.

Mereka adalah Robert Huth yang pernah juara bersama Chelsea, Leonardo Ulloa (Argentina-San Lorenzo), Marcin Wasilewski (Belgia-Anderlecht), dan Gokhan Inler (Swiss-Zurich). Tentu hal itu membuat mereka tidak diunggulkan untuk menjadi juara musim ini.

Leonardo Ulloa pernah merasakan juara di Liga Argentina bersama San Lorenzo. (Reuters/Carl Recine)

Faktanya seluruh pemain Leicester justru menjadikan kelemahan itu sebagai kekuatan. Bermain lepas di setiap pertandingan karena tanpa target muluk membuat mereka selalu meraih tiga angka.

Hal yang sama juga dialami peringkat kedua, Tottenham Hotspur. Skuat asuhan Mauricio Pochettino itu hanya dihuni empat pemain yang pernah merengkuh gelar liga.

Mayoritas pemain Tottenham belum pernah merasakan gelar liga. (Reuters / Phil Noble)

Mereka adalah Toby Alderweireld, Jan Vertonghen, Mousa Dembele dan Christian Eriksen. Bahkan Pochettino juga belum pernah memeluk trofi apapun selama menjadi pelatih.

Gelandang Tottenham, Christian Eriksen membawa Ajax Amsterdam menjadi juara Eredivisie. (Reuters/Lee Smith)

Arsenal yang dikecam karena tidak punya mental juara justru punya skuat yang cukup pengalaman. Sedikitnya ada 10 orang pemain The Gunners yang pernah meraih sukses di liga.

Bahkan beberapa diantaranya seperti Petr Cech, Mesut Ozil, Mathieu Flamini, Alexis Sanchez, dan Danny Welbeck menjadi juara di kompetisi elite seperti La Liga, Liga Inggris, dan Serie A.

Mesut Ozil pernah membawa Real Madrid menjadi kampiun La Liga Spanyol. (Reuters/Phil Noble)

Sementara untuk urusan pemain yang paling banyak merasakan gelar adalah Manchester City. Peringkat keempat Liga Inggris itu memiliki 18 pemain yang pernah mencicipi trofi kompetisi domestik.

Hebatnya, materi pemain juara itu merata mulai dari kiper hingga lini depan. Joe Hart, Vincent Kompany, Jesus Navas, Sergio Aguero, hingga Kevin de Bruyne adalah beberapa nama diantaranya.

Sergio Aguero dua kali membawa Manchester City meraih gelar Liga Inggris. (Reuters / Jason Cairnduff)

Peringkat kelima Liga Inggris, West Ham United justru punya pemain juara lebih banyak ketimbang Leicester atau Spurs. The Hammers punya enam pemain seperti Alex Song, Angelo Ogbonna, dan Manuel Lanzini.

Sedangkan MU sendiri masih menyisakan 13 pemain juara di skuat musim ini. Nama-nama seperti Memphis Depay, Wayne Rooney, Phil Jones hingga Bastian Schweinsteiger pernah merasakan gelar juara pada musim-musim sebelumnya.

Memphis Depay musim lalu juara Eredivisie bersama PSV. (Reuters / Andrew Yates)

Memang klub penuh dengan skuat juara bukan jaminan. Namun setidaknya para pemain juara ini akan memberikan pengalaman di saat pertandingan memasuki fase genting.

Olivier Giroud pernah mencicipi gelar bersama Montpellier musim 2011/12. (AFP/Paul Ellis)

Seperti yang dikatakan oleh Olivier Giroud pada awal tahun lalu. "Pengalaman saya meraih Ligue1 bersama Montpellier akan sangat membantu. Jika saya dibutuhkan untuk memberi saran pada pemain muda, maka saya akan melakukannya," ujar Giroud.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.