Sukses

5 Pesepak Bola Ini 'Hancur' Diasuh Jurgen Klopp

Jurgen Klopp terkenal sebagai pemain yang mampu memoles bakat seorang pemain.

Liputan6.com, Liverpool - Jurgen Klopp terkenal sebagai pemain yang mampu memoles bakat seorang pemain. Sejumlah pemain seperti Marco Reus, Shinji Kagawa, Mats Hummels, dan Mario Gotze menjadi bintang karena tangan dingin Klopp.

Tak heran Liverpool pun langsung merekrutnya setelah memecat Brendan Rodgers pada Oktober lalu. The Reds berharap para pemain muda seperti Emre Can, Roberto Firmino, hingga Philippe Coutinho bisa lebih bersinar lagi.

Baca Juga

  • 5 Pemain Sepak Bola Bergaji Tertinggi Musim 2015/16
  • 5 Rekor Baru yang Bisa Dipecahkan Messi Tahun 2016
  • 5 Sinyal MU Bakal Pecat Van Gaal Akhir Musim Ini



Meski demikian, ada beberapa pemain yang kariernya hancur di bawah asuhan Klopp. Mereka menjadi pemain pelapis atau malah mengalami cedera serius ketika ditangani pelatih asal Jerman tersebut.

Lalu siapa sajakah pemain tersebut. Berikut lima di antaranya seperti dilansir Squawka:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Henrikh Mkhitaryan

Mkhitaryan menjadi rebutan antara Borussia Dortmund dengan Liverpool tahun 2013. Namun pemain timnas Armenia itu memilih Dortmund karena faktor Klopp.

Sayangnya, penampilan Mkhitaryan di bawah Klopp justru menurun drastis. Dia hanya mencetak empat gol dari 41 laga pada musim terakhir Klopp di Dortmund.

Dalam sebuah wawancara, Mkhitaryan mengungkapkan kekecewaannya pada Klopp. Ia menyebut Klopp sebagai penghambat talentanya.

Terbukti setelah Dortmund berganti pelatih, Mkhitaryan langsung bersinar. Musim ini ia telah mencetak sembilan gol dan 10 assist.

3 dari 6 halaman

2. Ciro Immobile

Berposisi sebagai striker, Immobile diplot untuk menggantikan Robert Lewandowski oleh Klopp. Pemain berusia 26 tahun itu dibeli dengan harga 17 juta euro dari Torino.

Ironisnya, pindah ke Dortmund justru menjadi mimpi buruk bagi Immobile. Dia hanya mencetak tiga gol dari 24 laga di Bundesliga. Padahal, ia pindah dengan status top scorer di Serie A.

Immobile lebih sering diturunkan sebagai pemain pelapis oleh Klopp. Tak heran ia akhirnya dipinjamkan ke Sevilla Juli tahun lalu.

Namun ia belum juga menemukan performa terbaiknya di Sevilla. Sehingga Januari lalu Dortmund memulangkannya ke Torino hingga akhir musim nanti.

4 dari 6 halaman

3. Ji Dong-Won

Ji Dong-Won mungkin dianggap sebagai asuhan Klopp yang paling gagal. Pasalnya, ia hanya bertahan enam bulan setelah dibeli Dortmund pada Juli 2014.

Padahal, Klopp punya harapan besar bagi pemain timnas Korsel ini. Itu sebabnya ia memberikan kontrak berdurasi empat tahun.

Namun Klopp tampaknya tidak puas dengan kualitas Dong-Won. Sehingga tidak satu laga pun Dong-Won pernah bermain untuk Dortmund.

Dong-Won kemudian dijual lagi ke Augsburg. Namun hingga sekarang ia juga belum mencetak gol.

5 dari 6 halaman

4. Kevin Kampl

Kevin Kampl menjadi salah satu pemain termahal yang pernah dibeli Dortmund. Ia dibeli dengan harga 12 juta euro dari Red Bull Salzburg.

Namun harapan Klopp untuk memaksimalkan potensi Kampl harus sia-sia. Ia hanya bermain bermain dalam 19 laga dan tidak pernah menyumbang gol. Bahkan, Kampl kerap turun sebagai pemain cadangan.

Akhirnya Dortmund menjual Kampl ke Bayer Leverkusen pada musim panas tahun lalu. Ia mendapat kontrak berdurasi lima tahun.

Terbukti ia sudah menyumbang satu gol dan dua assist dari 18 penampilan sejauh ini.

6 dari 6 halaman

5. Christian Benteke

Pemain terakhir yang kariernya meredup bersama Klopp adalah Christian Benteke. Sejak Klopp ke Liverpool, akurasi tendangan pemain asal Belgia itu hanya mencapai 45 persen.

Benteke juga tidak pernah bermain penuh sejak Klopp menjadi manajer. Ia hanya dimasukkan sebagai pemain cadangan serta kalah bersaing dengan Daniel Sturridge dan Divock Origi.

Memang gaya permainan Benteke yang mengandalkan umpan jauh tidak cocok dengan Klopp. Pasalnya, Klopp lebih suka dengan striker yang punya daya jelajah tinggi dan kecepatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.