Sukses

2 Pembalap Muda Indonesia Meniti Jejak Rio Haryanto

Dua pembalap muda Indonesia ini jejaki karier di F4 South East Asia (SEA) tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Dua pembalap muda Indonesia yang bersaudara, Kezia Santoso (18 tahun) dan Keanon Santoso (15 tahun) sedang menjejaki langkah Rio Haryanto yang sudah tampil di Formula 1 (F1) bersama Manor Racing. Dua kakak beradik ini mengikuti balap mobil single seater F4 South East Asia (SEA) mulai tahun ini bersama tim Meritus.

Baca Juga

  • Real Madrid Vs Wolfsburg: Malam Terindah Zidane Jadi Pelatih
  • Tunggu Zulham Zamrun, Persib Stop Beli Pemain
  • Prediksi Benfica Vs Bayern Muenchen: Neraka da Luz!

F4 SEA sendiri merupakan jenjang paling bawah sebelum menembus F3,F2/GP2 dan F1. F4 SEA baru digelar tahun ini dan sudah mendapatkan lisensi dari Federasi Balap Internasonal (FIA).

"Perbedaannya mungkin di latihan fisik, utamanya leher. Karena dengan mobil F4 kami harus menahan downforce (tekanan) yang tinggi, berbeda dengan mobil gokart yang lebih ringan," kata Kezia kepada wartawan.

Sebelum melakoni seri pertama, Kezia dan Keanon, yang lebih dikenal sebagai pegokart dengan TKM Racing, bisa melakukan serangkaian tes pada Juni nanti di Sepang.

"Kami bakal fokus latihan dulu dengan gokart yang gunakan gearbox agar tahu bagaimana perpindahan gigi di F4 nanti. Peluang tetap ada mungkin pertengahan tahun bisa podium. Soalnya semua peserta juga baru ikut dan baru naik kelas dari Gokart," ujar Keanon.


Kezia Santoso (kedua dari kiri) dan adiknya, Keanon Santoso bakal tampil di F4 SEA tahun ini (tkmracing.com)

Kezia tak akan mengikuti seluruh seri F4 SEA karena harus lanjutkan sekolah di Belanda. Dia hanya ikut dua seri awal di Malaysia. Sedangkan Keanon akan mengikuti seluruh seri.Keanon mengaku sangat terinspirasi dengan Rio Haryanto dan sangat ingin ikuti jejaknya.

"Kebetulan saya juga dari Solo dan satu pelatih fisik dengan Rio Haryanto. Saya tahu dia begitu berdedikasi dengan kariernya. Mudah-mudahan bisa tembus ke F1 seperti Rio Haryanto, bahkan kalau bisa lebih baik," kata Keanon.


Jadwal F4 SEA:

1.5-7 Agustus (Sepang/Malaysia)

2. 12-14 Agustus (KLCityGP/Malaysia)

3. 1-2 September (Sepang/Malaysia)

4. 4-6 November (Buriram/Thailand)

5.25-27 November (Penbay/Thailand)

6. 9-11 Desember (Sepang/Malaysia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.