Sukses

Menghitung Pundi-pundi Uang Cristiano Ronaldo

Banyak pemasukan, kekayaan Ronaldo saat ini ditaksir mencapai USD 480 juta.

Liputan6.com, Madrid - Cristiano Ronaldo bersama Lionel Messi adalah dua pemain terbesar dari generasi saat ini. Dalam 10 tahun terakhir, Ronaldo dan Messi berada pada level yang berbeda dengan pemain-pemain lain di dunia. Ronaldo mungkin memiliki daya tarik sedikit lebih banyak, tentu bila melihat akun media sosial miliknya.

Di Facebook, terdapat 109 juta orang yang mengikuti Ronaldo. Sementara di Twitter, penyerang Real Madrid ini memiliki 40 juta pengikut, yang membuat dia menjadi atlet dengan pengikut terbanyak di dunia. Dengan popularitasnya, Ronaldo menjadi mesin uang bagi dirinya sendiri.

Baca Juga

  • Leicester Dominasi Kandidat Pemain Terbaik Liga Inggris
  • Kobe Bryant Pensiun, 4 Bintang Barcelona Beri Penghormatan
  • Rekan Setim Rio Haryanto: Manor Cepat di Trek Lurus

Menurut Total Sportek, kekayaan Ronaldo kini sudah mencapai USD 450 juta atau Rp 5,9 triliun. Ronaldo menjadi pesepak bola dengan bayaran tertinggi di dunia dengan USD 21 juta atau RP 276 miliar per tahun, jumlah itu sudah dipotong pajak. Hanya Messi yang bisa menyamai jumlah bayaran Ronaldo per tahun.

Ronaldo juga menjadi pesepak bola yang paling banyak menerima dukungan dari sponsor. Mantan pemain Manchester United ini memiliki empat kesepakatan paling menguntungkan dalam olahraga, termasuk kesepakatannya dengan Nike. Ronaldo menerima USD 21 juta dari Nike per tahun ditambah jumlah dari penawaran lainnya.

Ronaldo juga memiliki merek dagang dengan nama CR7 yang menjual berbagai produk pakaian dan sepatu. Selain itu, Ronaldo mempunyai proyek hotel di empat kota berbeda dengan nilai USD 80 juta atau setara Rp 1 triliun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gaji Selangit Ronaldo

Ronaldo memiliki kontrak unik dengan Real Madrid di mana ia dibayar 288 ribu pounds per pekan, jumlah itu sudah dipotong pajak. Namun, jika tidak dipotong pajak, Real Madrid membayarnya 500 ribu pounds per pekan,

Kenaikan pendapatan Ronaldo melalui gaji terbilang sangat signifikan, terutama ketika dia baru bergabung dengan Manchester United pada Agustus 2003. Kala itu, Ronaldo dibeli MU sebesar 12,24 juta pounds, menandatangani kontrak lima tahun dengan bayaran 35 ribu pounds per pekan setelah pajak.

Pada Juni 2007, dia memperpanjang kontraknya dengan The Red Devils. Kontrak barunya membuat Ronaldo dibayar 120 ribu pounds per pekan atau enam juta pounds per tahun. Jumlah itu sudah dihitung setelah pajak. 

Kemudian, saat bergabung dengan Real Madrid pada Juli 2009, Ronaldo dikontrak enam tahun dengan gaji pada musim pertama 183 ribu pounds per pekan. Akan tetapi, setiap tahun gaji Ronaldo naik 25 persen hingga pada tahun terakhirnya menerima gaji 556 ribu pounds per pekan.

Pada September 2013, Ronaldo memperpanjang kontraknya dengan Madrid dan membuat dia dibayar 288 ribu pounds per pekan atau 15 juta pounds per tahun setelah dipotong pajak. Kita tahu, pundi-pundi uang Ronaldo bukan hanya berasal dari gajinya di Real Madrid, malah pendapatannya lebih banyak diperoleh di luar Los Merengues.

3 dari 4 halaman

Pemasukan Ronaldo dari Iklan

Harta kekayaan pemain yang telah menginjak usia 31 tahun ini pun terus bertambah. Mengingat Ronaldo juga dikenal sebagai pemain yang pandai berbisnis. Ia mendapatkan banyak tawaran dari dunia hiburan seperti, iklan pakaian, sepatu olahraga, mobil, shampo, jam tangan, makanan cepat saji, produk elektronik, peralatan olahraga, telepon seluler, oli, hingga minuman berenergi.  

Sejumlah merek ternama di dunia menjadi sponsor Ronaldo. Selain Nike, Armani, Tag Heuer, Toyota, Samsung, Herbalife, Konami, Banco Espirito Santo ikut membuat kantong Ronaldo kian tebal. Dari daftar itu saja bila digabung menghasilkan USD 10 juta per tahun untuk pemain yang identik dengan nomor punggung 7 ini.

Jumlah itu belum ditambah dari merek lain seperti, KFC, Soccerade, Castrol, Clear, Emirates, dan Facial Fitness Pao and ReFa Active. Setidaknya dari mereka-merek di atas, pemain kelahiran Santo Antonio, Portugal ini bisa mengantongi jumlah uang yang besar.

Merek CR7 miliknya pun sekarang sudah mulai terkenal di mancanegara. CR7 merek yang menjual pakaian, celana dalam, serta sepatu juga telah membuat dia mendapatkan uang tambahan sebesar USD 6 juta hingga 10 juta per tahun.

4 dari 4 halaman

Investasi Hotel Ronaldo

Ronaldo belum lama ini juga membuat investasi besar bersama Pestana Hotel dan menjadi mitra di mana mereka akan membangun empat hotel senilai 80 USD juta dengan branding CR7. Salah satu hotel akan dibangun di New York, Amerika Serikat sementara tiga lainnya dibangun di Funchal, Madrid, dan Lisbon.

Dua hotel pertama di proyek ini akan dibuka di Madeira dan Lisbon pada musim panas 2016, sementara pada 2017 Hotel CR7 Madrid akan beroperasi. Lalu, pada 2018, Hotel CR7 di New York baru akan dibuka.

Messi boleh saja mengungguli Ronaldo di lapangan dengan trofi-trofi yang dimenangkannya. Tapi, boleh jadi Ronaldo lebih pandai dalam mengumpulkan pundi-pundi uang untuk masuk ke kantong. Sekarang, kekayaan bersih Ronaldo diprediksi mencapai USD 480 juta atau setara Rp 6,3 triliun.

Pada saat dia akan pensiun dari sepak bola profesional, Ronaldo mungkin menjadi pemain pertama dengan total kekayaan bersih miliaran dolar. Dengan uang yang berpotensi dia dapat, terang saja membuat Ronaldo tidak tertarik memulai karier sebagai pelatih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.