Sukses

Tikam Barca, Atletico Susul Madrid ke Semifinal

Seperti Real Madrid, Atletico Madrid sukses menciptakan keajaiban.

Liputan6.com, Madrid - Atletico Madrid sukses menyusul rival sekotanya, Real Madrid, tampil di semifinal Liga Champions 2015/2016. Sukses itu didapat Atletico setelah menaklukkan Barcelona 2-0 pada leg kedua perempat final di Vicente Calderon, Kamis (14/4/2016) dinihari WIB.

Baca Juga

  • Didekati Ronaldo, Model Turki Ini Ketiban Durian Runtuh
  • Real Madrid Vs Wolfsburg: Malam Terindah Zidane Jadi Pelatih
  • Tunggu Zulham Zamrun, Persib Stop Beli Pemain

Sebagai tuan rumah, Atletico langsung menciptakan peluang saat laga baru berjalan tiga menit. Sayang, tendangan Gabi Fernandez masih melampaui bagian atas gawang Marc-Andre ter Stegen.

Empat menit kemudian, giliran Antoine Griezmann yang mencoba peruntungan. Sialnya, sundulan Griezmann masih bisa diamankan Ter Stegen yang mampu menebak arah bola dengan sangat tepat.

Atletico sendiri sejatinya kalah jauh dalam penguasaan bola. Namun, mereka mampu membuat Barca kesulitan mencari celah di lini pertahanan mereka. Kondisi itu dimanfaatkan Atletico untuk melancarkan beberapa serangan balik berbahaya.

Di menit 33, Barca mendapatkan peluang setelah Diego Godin melanggar Andres Iniesta di luar kotak penalti Atletico. Sial bagi Barca, tendangan bebas Messi masih melampaui atas gawang Jan Oblak.

Apa yang ditakutkan Barca akhirnya benar-benar terjadi di menit 36. Griezmann sukses memecahkan kebuntuan setelah menyambut umpan Saul dengan tandukannya. Gol itu menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0 Atletico.

Antoine Griezmann menjadi penentu sukses Atletico Madrid. (Reuters)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Babak Kedua

Atletico yang tertekan justru mampu melancarkan beberapa serangan balik berbahaya. Salah satu peluang didapat Griezmann di menit 61. Menerima umpan panjang Saul, Griezmann membawa bola ke kotak penalti  Barca. Sayang, sepakan mendatarnya mampu diamankan kiper Marc-Andre ter Stegen.

Memasuki menit 64, Enrique akhirnya melakukan pergantian pemain. Ia menarik Ivan Rakitic dan Dani Alves untuk memainkan Arda Turan dan Sergi Roberto. Namun, pergantian Enrique tak langsung membuahkan dampak positif.

Saking buntunya, tensi permainan pun sempat memanas di menit 76. Neymar sempat melakukan pelanggaran keras terhadap salah satu pemain Atletico. Aksi brutal Neymar pun dihadiahi kartu kuning oleh wasit Nicola Rizzoli.

Di luar dugaan, buntu sepanjang laga membuat skuat Barca semakin frustrasi. Mereka pun membuat kesalahan di menit-menit akhir. Berawal dari skema serangan balik yang dilakukan Felipe Luis, Atletico mendapatkan hadiah penalti setelah bola tendangannya mengenai lengan Andres Iniesta di kotak terlarang.

Hadiah penalti itu tak disia-siakan Atletico untuk menambah keunggulan. Dipercaya sebagai eksekutor, Griezmann sukses memaksa kiper Ter Stegen kembali memungut bola dari gawangnya sendiri.

Di masa injury time, Barca sempat mengklaim berhak mendapatkan hadiah penalti. Mereka menganggap Gabi Fernandez melakukan handball di kotak penalti. Namun, wasit menganggap handball itu terjadi di luar kotak penalti.

Keunggulan 2-0 Atletico pun bertahan hingga pertandingan berakhir. Kemenangan itu membawa Atletico melesat ke semifinal Liga Champions dengan keunggulan agregat 3-2 atas Barca.

Luis Suarez mendapatkan perlawanan sengit dari Diego Godin. (Reuters)

Susunan Pemain:

Atletico (4-4-2): Oblak; Juanfran, Luis, Godin, Hernandez, Gabi, Fernandez (Savic 90+3), Saul, Koke, Carrasco (Partey 74), Griezmann (Correa 90)

Barca (4-3-3): Ter Stegen - Alves (Roberto 65), Pique, Alba, Mascherano, Iniesta, Rakitic (Turan 64), Busquets, Messi, Suarez, Neymar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.