Sukses

5 Alasan Arsenal Harus Pecat Arsene Wenger

Posisi Arsene Wenger sebagai manajer Arsenal terus mendapat sorotan.

Liputan6.com, London - Posisi Arsene Wenger sebagai manajer Arsenal terus mendapat sorotan belakangan ini. Tak pernah meraih gelar Liga Inggris sejak 2004 membuat sebagian besar fans mulai tak sabar dengannya.

Wenger merupakan manajer tersukses The Gunners. Dia telah menyumbangkan 15 gelar sejak bergabung pada 1996.

Baca Juga

  • Lorenzo Resmi Gabung Ducati
  • Beckham Bakal Bereuni dengan Ferguson di Australia
  • Finis Diasapi Rio Haryanto, Pembalap Renault Sakit Hati



Sayangnya, dalam satu dekade terakhir kinerja Wenger terus menurun. Ia hanya mampu menyumbangkan dua Piala FA dan dua gelar Community Shield.

Puncaknya, musim ini Arsenal kemungkinan besar akan kembali tanpa gelar. Gagal di Piala FA, Piala Liga, dan Liga Champions dan masih tertinggal di klasemen Liga Inggris membuat posisi Wenger semakin terdesak.

Lalu apa saja alasan yang membuat Wenger harus dipecat dari Arsenal secepatnya. Berikut ulasannya seperti dilansir Sportskeeda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Tak mau ubah taktik

Wenger dikenal sebagai orang yang jenius untuk urusan taktik. Dia mampu menciptakan sepak bola menyerang yang indah dan ditiru oleh banyak klub lain di dunia.

Sayangnya, sepak bola menyerang ala Arsenal tak selamanya berhasil dengan baik. Terutama menghadapi klub-klub besar yang punya kualitas setara.

Alih-alih mengubah strategi, Wenger justru mempertahankan metodenya siapa pun lawan Arsenal. Akibatnya, The Gunners sering kalah dalam laga yang krusial.

Jika Wenger tak dipecat maka tim-tim lain semakin tahu strategi Arsenal. Hal ini tentu membuat The Gunners kesulitan meraih kemenangan musim depan.

3 dari 6 halaman

2. Minim investasi pemain

Dalam sepak bola modern, uang memegang faktor penting. PSG, Manchester City, dan Chelsea menjadi bukti banyaknya uang bakal berbuah prestasi.

Namun filosofi tersebut tampak diabaikan oleh Wenger. Dia lebih senang membeli pemain murah di usia muda ketimbang pemain mahal yang kualitasnya sudah terjamin.

Tak heran ketika badai cedera menghampiri, kekuatan Arsenal semakin tergerus. Ia tak bisa mengandalkan pemain muda karena belum punya pengalaman.

Terakhir kali Wenger merogoh kocek dalam adalah ketika membeli Mesut Ozil dan Alexis Sanchez. Sayangnya, dua pemain belum cukup untuk membawa Arsenal menjadi tim juara.

4 dari 6 halaman

3. Tidak ada solusi cedera

Setiap musim, permasalahan Arsenal selalu berkutat dengan cedera pemain. Bahkan, cedera ini bisa menghantam sebagian skuat Arsenal ketika memasuki fase krusial.

Ironisnya, masalah ini tidak terpecahkan oleh Wenger dalam beberapa tahun terakhir. Upayanya mendatangkan fisioterapis dari timnas Jerman tetap tidak membuahkan hasil.

Musim ini beberapa pemain penting seperti Santi Cazorla, Alex Oxlade-Chamberlain, Aaron Ramsey, hingga Jack Wilshere harus menepi beberapa waktu. Tak pelak hasil minor pun harus diraih Arsenal.

Pemecatan Wenger bisa saja mengubah peruntungan Arsenal. Apalagi Arsenal punya skuat yang sama kualitasnya dengan klub lain jika tetap komplet sepanjang musim.

5 dari 6 halaman

4. Jiwa kepemimpinan Wenger telah hilang

Arsenal punya tim dengan mental juara pada awal tahun 2000-an. Bahkan mereka tak terkalahkan pada musim 2003/04.

Setiap pemain saat itu mampu menjadi kapten dan memotivasi rekan-rekannya. Hal ini tidak lepas dari sikap Wenger yang masih berapi-api.

Namun sikap kepemimpinan Wenger seperti hilang belakangan ini. Bahkan ia sendiri tidak bisa menunjuk salah satu pemainnya untuk menjadi pemimpin di lapangan.

Jika Wenger diganti maka Arsenal diyakini bakal punya semangat baru. Sama seperti Liverpool yang mengganti Brendan Rodgers dengan Jurgen Klopp.

6 dari 6 halaman

5. The Gunners butuh sentuhan baru

Fans Arsenal sudah muak hanya bisa mendapat tiket ke Liga Champions setiap musim. Mereka bahkan menyuarakan tak perlu lagi sepak bola indah asalkan bisa meraih trofi.

Ya, keadaan semakin memburuk karena Arsenal kemungkinan disalip Tottenham Hotspur di klasemen musim ini. Artinya kinerja The Gunners di bawah Wenger semakin menurun setiap musimnya.

Manajemen Arsenal boleh saja berdalih kalau pergantian manajer tidak akan menyelesaikan masalah. Namun upaya ini harus segera dilaksanakan daripada terus bertahan dengan Wenger yang tidak lagi bekerja secara maksimal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

  • Arsene Wenger

Video Terkini