Sukses

5 Fakta Penting MotoGP Prancis: Lorenzo Superior di Le Mans

Jorge Lorenzo masih memegang rekor lap tercepat dengan mencatatkan waktu 1 menit 32.879 detik. Sebelumnya, rekor tersebut dipegang Rossi

Liputan6.com, Le Mans - 
Balapan seri ke-5 MotoGP akan berlangsung di Prancis akhir pekan ini. Sirkuit sepanjang 4,273 km ini sirkuit yang angker bagi pembalap. Tingkat kecelakaan yang tinggi di sirkuit ini, membuat Le Mans tergolong lintasan yang menantang.

Selain angka kecelakaan, faktor alam bakal menjadi rintangan bagi para pembalap. Sulit menebak cuaca di sirkuit ini. Angin kencang dan hujan bisa saja terjadi tiba -tiba di trek ini. Catatan itu membuat balapan MotoGP akhir pekan ini bakal berlangsung menarik.

Baca Juga

  • Gagal Pole Position, Marquez Salahkan Sayap Motor
  • Persib dan PBFC Puas Berbagi Poin
  • Meditasi, Cara Big Sam Antar Sunderland Lolos Degradasi

 

Juara dunia bertahan MotoGP, Jorge Lorenzo tampil menjadi juara pada MotoGP 2015 lalu. Posisi dua ditempati Valentino Rossi dan Andrea Divisiozo finis di urutan ke-3. Para pembalap dituntut mengeluarkan kemampuan ekstra dalam balapan, terutama mengatasi rintangan alam seperti angin kencang dan hujan ketika lomba.

menghadapi rintangan cuaca di samping meningkatkan kewaspadaan mengingat tingkat kecelakaan yang tinggi di lintasan ini. Pemasok ban MotoGP, Michelin sendiri menggunakan tiga senyawa, lunak, intermediate dan keras pada balapan akhir pekan ini.

Pabrikan ban asal Prancis ini dilaporkan juga sudah menyiapkan senyawa baru yang lebih lembut untuk mengatasi suhu rendah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Data dan Fakta

Berikut data dan fakta menarik jelang Grand Prix Prancis sebagaimana dikutip dari Super Sport:

1. Akhir pekan ini, sirkuit Le Mans bakal menggelar Grand Prix ke-27 di ajang Motor Grand Prix.

2. Pembalap asal Italia, Giacomo Agostini menjadi rider pertama yang berhasil menjuarai di GP Prancis pada 1969 di kelas 500cc. Ketika itu, Agostini memperkuat tim MV Agusta.

3. Hanya ada lima pembalap asal Perancis yang merebut juara di Le Mans. Mereka adalah Jean Aureal di GP125 1969, Guy Bertin di GP125 1979, Patrick Fernandez di GP350 1979, Mike di Meglio di GP125 2008 dan Louis Rossi di Moto3 2012.

4. Sejak era MotoGP pada 2002, hanya rider Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo yang paling banyak mengoleksi juara. Lorenzo lima kali naik podium pertama. Sedangkan, Dani Pedrosa dan Valentino Rossi tercatat hanya empat kali.

5.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.