Sukses

Ketika Tuan Rumah Tidak Selalu Menang

Tim-tim yang mendapat kesempatan menggelar partai kandang lebih dulu justru gagal mendapatkan poin penuh.

Liputan6.com, Jakarta - Status tuan rumah tidak lagi bertuah di awal kompetisi bagi 18 tim peserta turnamen selama dua pekan gelaran Torabika Soccer Championship 2016 presented by Ooredoo. Tim-tim yang mendapat kesempatan menggelar partai kandang lebih dulu justru gagal mendapatkan poin penuh. Bahkan, di antara mereka bahkan bertumbangan.

Hal itu terlihat di pekan pertama pada partai pembuka. Persipura Jayapura harus puas bermain imbang 1-1 ketika menjamu tim Ibukota, Persija Jakarta di Stadion Mandala, Jayapura. Gol pemain Persija, Ade Jantra disamakan striker Persipura, James Koko Lomell.

Baca Juga

  • Busquets Minta Barcelona Fokus di Laga Pamungkas
  • Atletico Gagal Juara La Liga, Begini Reaksi Simeone
  • Saul Canelo Alvarez Pukul KO Amir Khan

Hasil imbang lainnya juga dicatatkan Persib Bandung. Juara ISL 2014 ini harus puas berbagi angka ketika menjamu Sriwijaya FC di partai perdana. Maung Bandung ditahan 1-1 Sriwijaya FC. Situasi serupa berlaku bagi Bali United. Tim besutan mantan pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri ini gagal memetik poin penuh ketika menjamu Pusamania Borneo FC (PBFC) di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Poin satu tidak hanya didapat tiga tim tuan rumah di pekan pertama. Persela Lamongan, Barito Putera hingga PS TNI dipaksa menelan pil pahit alias kekalahan di laga kandang pada pekan pertama Torabika Soccer Championship 2016 presented by Ooredoo. Imbas kekalahan tersebut, mereka harus terdampar di papan bawah.

Ismed Sofyan merayakan gol ke gawang Semen Padang

Persela Lamongan harus mengakui keunggulan sang tetangga, Gresik United dengan skor tipis 1-0. Kekalahan ini membuat Persela yang kerap mendapat julukan tim Kuda Hitam kini bahkan berstatus sebagai tim juru kunci. Sedangkan, Barito Putera harus menyerah dari tangan Bhayangkara Surabaya United dengan skor 1-2. Kemudian, PS TNI harus untuk menyerah dari tangan Madura United.

Tercatat, di pekan pertama hanya dua tim yang berhasil menang di kandang. Semen Padang dan Arema Cronus. Semen Padang mendapatkan kemenangan ketika bersua dengan PSM Makassar. Kabau Sirah mengalahkan PSM dengan skor 2-1.

Adapun Arema Cronus berhasil menang 2 gol tanpa balas ketika menjamu Persiba Balikpapan di Stadion Kanjuruhan, Malang. Namun, kemenangan Arema ini berharga mahal. Sebab, tiga pemain mereka mengalami cedera, termasuk striker Cristian Gonzales yang mengalami patah tulang rusuk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Minim Gol

Selama dua pekan perhelatan Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo, produktivitas gol minim. Dari 17 pertandingan, cuma 24 gol tercipta. Hingga kini belum ada tim yang mampu menang lebih dari 3 gol.

Pada pekan ke dua, tiga pertandingan bahkan berakhir imbang tanpa gol. Tiga partai itu adalah, Perseru Serui vs Mitra Kukar, Persiba Balikpapan vs Sriwijaya FC, dan Madura United vs Arema.

Kiper Semen Padang, Jandia Eka Putra memeluk bola ketika menghadapi Persija Jakarta

Penyelesaian akhir tampak masih menjadi kendala. Maung Bandung merasa kendala tersebut menjadi alasan utama, tim besutan Dejan Antonic ini harus puas berbagi poin dalam dua pertandingan pembuka Torabika Soccer Championship 2016 presented by IM3 Ooredoo.

"Semoga saja, Persib bisa memperbaiki sentuhan akhir di pertandingan selanjutnya. Saya melihat, rekan satu tim telah bekerja keras di lapangan. Kami tinggal memperbaiki kelemahan itu saja," kata winger Persib Bandung, Tantan.

Selain penyelesaian akhir, pelatih Persipura, Jafri Sastra menilai, sepak bola negatif ikut mempengaruhi hasil imbang yang didapat timnya ketika bersua Bali United. "Bali United coba memainkan sepak bola negatif. Dan itu berhasil mereka lakukan. Ini periode tersulit bagi kami untuk mencetak gol," ujar Jafri selepas pertandingan kontra Bali United.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini