Sukses

Deretan Rekor Gemilang Indonesia di Piala Thomas

Kepastian Tim Thomas Indonesia melangkah ke partai puncak setelah di semifinal mengalahkan salah satu kandidat juara, Korea Selatan

Liputan6.com, Kunshan - Tim Piala Thomas Indonesia berhasil menapaki babak final kejuaraan bulu tangkis beregu putera pada 2016 di Kunshan, Jiangsu, Tiongkok. Kepastian Tim Thomas Indonesia melangkah ke partai puncak setelah di semifinal mengalahkan salah satu kandidat juara, Korea Selatan dengan skor telak 3-1.

Dua Ganda putra Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Angga Pratama/ Ricky Karanda dan Anthony Sinisuka Ginting yang turun di nomor tunggal putera berhasil membalas kekalahan Indonesia di game pertama. Tunggal putera Indonesia yang tampil di partai pertama, Jonathan Christie harus mengakui keunggulan Son Wan-ho.

 

Baca Juga

  • Libas Korea, Tim Piala Thomas Indonesia ke Final
  • Pendamping Rossi Kaget Suzuki Jadikan Iannone Pembalap Andalan
  • De Gea Sebut Trofi Piala FA Musim Ini Bakal Lebih Spesial

 

Pertama kali sejak 2002, Tim Thomas Indonesia berhasil melangkah ke partai final. Ketika itu, Indonesia mengalahkan Malaysia dengan skor 3-2 di partai final. Ketika itu, Indonesia masih diperkuat Taufik Hidayat, Candra Wijaya/Sigit Budiarto dan Hendrawan. Indonesia mempertahankan gelar juara Piala Thomas empat kali beruntun mulai dari tahun 1994.

Deretan rekor pun diciptakan Indonesia di turnamen beregu ini. Berikut beberapa rekor tersebut dikumpulkan Liputan6.com dari berbagai sumber:

Indonesia mengantongi gelar juara terbanyak di ajang Piala Thomas
Tim Merah Putih menjadi pemegang rekor gelar juara terbanyak, sejak turnamen beregu ini bergulir pada 1949. Indonesia total meraih 13 kali gelar juara dan 5 kali runner-up. Tiongkok yang kini menjadi pesaing terberat Indonesia pun baru memperoleh 9 gelar juara dan 2 runner up.

Rekor juara beruntun di Piala Thomas
Indonesia menjadi satu-satunya tim yang pernah merebut gelar juara beruntun sebanyak 3, 4, dan 5 kali. Indonesia mencetak hattrick juara pada 1958, 1961, dan 1964. Prestasi terbesar ditorehkan dalam rentang waktu 1994 hingga 2002. Ketika itu, Indonesia merebut 5 gelar beruntun.

Gelar juara Indonesia sempat lepas dan berhasil direbut Malaysia pada 1967. Namun dua tahun kemudian, Indonesia merebut 4 gelar secara beruntun masing-masing pada 1970, 1973, 1976, dan 1979.

Pemain Paling banyak tampil di partai final
Legenda bulutangkis Indonesia, Rudy Hartono menjadi pebulutangkis pertama yang sukses bermain di final Piala Thomas sebanyak 6 kali berturut-turut di antara 1967 hingga 1982. Ketika tampil di Piala Thomas Rudy masih berusia 17 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini