Sukses

Tarik Boschetti: Katalisator Lini Tengah Pesut Etam

Pemain asal Brasil tersebut mampu dengan cepat mengambil keputusan saat membawa atau tanpa bola.

Liputan6.com, Jakarta [Pusamania Borneo FC](Tembok Kokoh SFC Bernama Teja Paku Alam "") (PBFC) beruntung bisa menggaet seorang gelandang jangkar yang mampu berfungsi sebagai katalisator di lini tengah. Dia adalah Tarik Boschetti.

Pemain asal Brasil tersebut mampu dengan cepat mengambil keputusan saat membawa atau tanpa bola. Pergerakannya memudahkan gelandang lain dalam dalam mencari ruang.

 

Baca Juga

  • Piala Eropa 2016: Lapangan Hijau Mencekam di Tengah Isu Teror
  • Bek Lincah Barcelona Hobi Tidur
  • Lebih Dekat dengan Model Seksi yang Bercumbu dengan Ronaldo


Beroperasi di lini tengah, dia selalu tampil lugas. Tarik berperan dalam menjembatani lini belakang dan lini penyerangan. Bola dari belakang kerap diberikan kepadanya. Kemudian, Tarik yang akan membaginya ke lini depan.

Siapakah Tarik? Dia diangkut Pesut Etam dari klub Jepang, FC Tokyo, pada Januari 2016. Kontribusinya langsung terasa dengan membawa PBFC menjuarai Piala Gubernur Kalimantan Timur 2016.

Dalam turnamen itu, Tarik bermain dalam 6 laga. Berdasar statistik Labbola, Tarik mampu mencatatkan 36,4 kali operan sukses per laga dengan akurasi mencapai 78 persen.

Kelebihan Tarik adalah dalam hal operan. Di Torabika Soccer Championship Presented by IM3 Ooredoo 2016, Tarik tercatat sebagai salah satu pemain dengan catatan operan sukses terbanyak yakni 212 kali.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Distributor Bola

Kecemerlangan Tarik dalam menggalang lini tengah membuat gelandang lainnya lebih leluasa dalam melakukan penetrasi. Mereka tak perlu khawatir lini tengah "bocor" lantaran Tarik mampu menjadi filter pertahanan plus distributor bola.  

Padahal, pemain berusia 23 tahun ini baru kali pertama merasakan atmosfer sepak bola Tanah Air. Catatan apiknya memang sudah terlihat sejak memperkuat PBFC di Piala Gubernur Kaltim.

Tarik melakoni debutnya saat melawan Persela Lamongan pada turnamen Piala Gubernur Kaltim 2016 dengan hasil akhir skor 0-0. Bersama Pesut Etam, dia membuat sejarah dengan menjuarai turnamen Piala Gubernur Kaltim tersebut.

Bahkan, Tarik bisa dibilang mengilap kala bermain di PGK. Catatan Labbola menyebut, dalam 6 pertandingan (termasuk 2 laga berdurasi 45 menit di semifinal), pemain asal Brasil ini mencatat 36.4 kali operan sukses per pertandingan dengan akurasi 78%. Ini berarti dia mampu menjadi jembatan antara lini bertahan dan lini serang dengan baik.

Patut dinantikan, sejauh mana pemain bernomor punggung 6 ini bisa berjaya bersama Pesut Etam. Apalagi, banyak pemain Brasil yang cukup sukses menjalani karier di Tanah Air sejauh ini.

Data Tarik Boschetti

Nama lengkap: Tarik Michel Kedes Boschetti
Lahir: Brasil, 18 Februari 1993
Posisi: Bek, Gelandang bertahan
Karier:
Jan 2016: Pusamania Borneo FC
2015: FC Osaka
2014: Ferroviária
2014: Atlético Paranaense
2013: Atletico Paranaense (B)
2012: Juventude
2011-12: Internacional U-20. (I. Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini