Sukses

Fakta Menarik Sukses Spanyol Bungkam Ceko

Kemenangan atas Rep Ceko membuat Spanyol mempertahankan tren tak terkalahkan.

Liputan6.com, Toulouse - Spanyol sukses mengawali petualangannya di Grup D Piala Eropa 2016 dengan sebuah kemenangan. Tiga poin direngkuh tim asuhan Vicente del Bosque itu lewat kemenangan 1-0 atas Republik Ceko. Pahlawan kemenangan mereka adalah Gerard Pique.

La Furia Roja, julukan Spanyol, meraih modal penting untuk lolos ke perdelapan final. Laga melawan Rep Ceko di Stadium Municipal, Senin (13/6/2016), diakhiri Spanyol dengan kemenangan 1-0. Namun, Spanyol harus kerja keras untuk meraih kemenangan itu.

Baca Juga

  • Piala Eropa 1980: Saksi Mulainya Kebrutalan Fans Inggris
  • Bomber Incaran MU Selamatkan Swedia dari Kekalahan
  • 7 WAGs Ini Berada di Lingkaran Pemain Top

Meski menurunkan skuat terbaik, Spanyol sempat kehabisan cara untuk menjebol gawang Rep Ceko kawalan Petr Cech. Padahal, mereka unggul jauh dalam penguasaan bola dan menciptakan peluang. Untungnya, Spanyol mampu memecahkan kebuntuan saat waktu normal tersisa tiga menit.

Berawal dari umpan cantik Iniesta, Pique pun mencetak gol kemenangan di menit 87. Selain itu, ada beberapa fakta menarik yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber. Berikut fakta-faktanya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fakta

1. Spanyol kini tak terkalahkan dalam 13 laga Piala Eropa. Terakhir kali mereka kalah saat dibungkam Portugal 1-0 pada 2004.

2. Spanyol belum kebobolan selama 600 menit di laga Piala Eropa. Itu adalah catatan terbaik dalam sejarah Piala Eropa.

Selebrasi para pemain Spanyol atas gol Gerard Pique ke gawang Republik Ceko. (NICOLAS TUCAT / AFP)

3. Petr Cech menciptakan umpan lebih banyak dari pemain lain Rep Ceko (36 kali).

4. UEFA menobatkan Andres Iniesta sebagai Man of the Match. Puncak dari aksinya adalah menyodorkan assist yang dimaksimalkan Gerard Pique.

5. Rata-rata usia pemain Spanyol (28 tahun 287 hari) dan Rep Ceko (30 tahun 62 hari) adalah starting XI tertua yang pernah diturunkan kedua tim di Piala Eropa.

6. Spanyol tak terkalahkan dalam lima pertemuan terakhir dengan Rep Ceko (4 menang, 1 seri).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.