Sukses

Lorenzo Akui Kehebatan Rossi

Ban depan yang diciptakan Michelin menjadi masalah utama Jorge Lorenzo.

Liputan6.com, Assen - Juara dunia MotoGP musim lalu, Jorge Lorenzo mengakui bahwa rekan setimnya di Movistar Yamaha, Valentino Rossi lebih hebat darinya. Hal ini menyangkut cara menghemat daya cengkram ban saat balapan.

Pada musim balap 2016, Michelin menjadi pemasok utama semua tim yang tampil di MotoGP. Produsen ban asal Prancis itu menggantikan Bridgestone. Ban keluaran Michelin selalu dikeluhkan oleh semua pembalap saat balapan.

Baca Juga

  • Arkadiusz Milik: Penghancur Kutukan dan Pencetak Rekor Euro
  • Ibrahimovic Bicara Soal MU dan Pujian Roy Keane
  • Belum Kapok, Pelatih Jerman Ulangi Aksi Menjijikkan Saat Latihan

Seperti yang dikeluhkan Lorenzo selama ini. Saat balapan di Argentina, 3 April lalu, dalam kondisi hujan, pembalap asal Spanyol itu tak bisa mengendalikan motornya. Lorenzo pun terjatuh dan dia kalah dari Rossi yang finis di posisi kedua serta Marc Marquez yang keluar sebagai pemenang.

Masalah ban terus menghantui Lorenzo saat balapan di Barcelona, dua pekan lalu. Ban depannya mulai menipis saat balapan sudah setengah jalan. Hal itu membuatnya melambat dan ditabrak pembalap Ducati, Andrea Iannone. Lorenzo pun kembali gagal mendulang poin, sementara Rossi keluar sebagai pemenang MotoGP Katalan.

Pebalap Yamaha Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi (Reuters)

"Sebenarnya, masalah ini tidak pernah terjadi kepada kami selama beberapa tahun. Seperti halnya di Australia 2014, ketika masih menggunakan Bridgestone. Saat lintasannya cepat memakan ban depan, saya memang lambat tapi tetap kompetitif," ucapnya, dilansir dari Eurosport.

"Selalu ada masalah setiap balapan saat ban tidak bisa mencengkram dengan baik. Saya jadi menderita. Itu terjadi di Jerez dan Barcelona," kata pembalap berusia 28 tahun tersebut.

Lebih lanjut, Lorenzo mengagumi cara kerja Rossi dalam mengatasi masalah yang sama. Menurutnya, kepintaran dan pengalaman Rossi di dunia balap membuatnya bisa mencari solusi yang ditimbulkan di ban depan.

"Rossi menggunakan motor yang sama seperti saya. Saya lihat dia kurang berjuang saat berada di motor. Namun, dia berhasil menjaga kondisi bannya lebih baik. Dia bisa mengimbangi semua balapan. Sedangkan masalah ini membuat saya lambat jika tidak ingin mengalami kecelakaan," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini