Sukses

Pesta Gol, Spanyol Lolos ke 16 Besar Piala Eropa

Spanyol hajar Turki tiga gol tanpa balas di lanjutan penyisihan grup D Piala Eropa 2016.

Liputan6.com, Nice - Spanyol secara meyakinkan berhasil lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2016 usai hajar Turki 3-0 pada lanjutan penyisihan grup D, Sabtu (18/6/2016). Tiga gol disarangkan oleh Alvaro Morata (2 gol) dan Nolito).

Baca Juga

  • Lawan Mitra Kukar, Persib Haus Kemenangan
  • 5 Pemain Madrid Ini Bakal Dibawa Mourinho ke MU
  • Setelah Ibra, Ini Striker yang Akan Dibeli Mourinho

Spanyol koleksi 6 poin dan sementara puncaki klasemen grup D. Ini setelah Kroasia hanya bermain imbang 2-2 melawan Republik Ceko pada laga sebelumnya.

Pertandingan berjalan ketat sejak kick off. Turki yang tak pernah menang atas Spanyol sejak 1954 tampil terbuka melawan juara bertahan Piala Eropa 2012 ini.

Namun, Spanyol membuka peluang di menit ke-11 lewat sundulan Pique. Di menit ke-32, giliran Nolito yang gagal maksimalkan umpan tarik David Silva.

Spanyol vs Turki (Reuters/Yves Herman)

Spanyol baru maksimalkan peluang di menit ke-34. Morata sukses cetak gol setelah sundulannya usai menerima umpan Nolito berhasil bersarang ke gawang Turki. Spanyol unggul 1-0.

Tiga menit kemudian, giliran Nolito yang cetak gol. Dia berhasil maksimalkan umpan terukur Fabregas menjadi gol. Meski dalam posisi tanggung, Nolito sukses lesakkan gol sehingga skor berubah menjadi 2-0 untuk Spanyol.

Skor 2-0 bertahan hingga babak pertama usai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Babak 2

Di babak kedua, Spanyol makin menggila. Baru berjalan tiga menit, Spanyol sudah menambah gol lewat Alvaro Morata.

Striker asal Juventus ini berhasil manfaatkan umpan mendatar dari Jordi Alba. Skor pun berubah menjadi 3-0 untuk Spanyol. Ini skor pertama dengan jumlah tiga gol di Piala Eropa 2016.

Turki sendiri mencoba peruntungan di menit ke-52. Burak Yilmaz berhasil terobos kotak penalti Spanyol. Sayang, berada di ruang kosong, tembakan Yilmaz malah melebar.

Azpilicueta coba berebut bola dengan pemain Turki (REUTERS/Eric Gaillard)

Dimasukkannya Nuri Sahin, Sahan dan Malli gagal mengubah gaya permainan Turki. Negara yang terletak di dua benua kesulitan untuk mencetak gol.

Di menit ke-87, Sahan sudah berhasil kecoh Azpilicueta. Namun tembakannya masih mengenai jaring saja. Skor bertahan 3-0 untuk Spanyol hingga peluit akhir dibunyikan.

Spanyol bakal menghadapi Kroasia di laga terakhir untuk menentukan posisi klasemen. Sedangkan Turki akan berhadapan dengan Republik Ceko.


Susunan Pemain:

Spanyol (4-3-3): De Gea;Juanfran,Pique, Ramos, Alba/Azpilicueta (81);Fabregas/Koke (70), Busquets, Iniesta; Silva/Bruno (64), Morata, Nolito

Turki (4-3-3):Babacan;Gonul,Topal,Balta,Erkin;Tufan,Inan/Malli (69),Ozyakup/sahan (62);Calhanoglu/ N Sahin (46),Yilmaz,Turan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.