Sukses

Shanghai Shinhua Tuding Bek Lawan Sengaja Patahkan Kaki Demba Ba

Shanghai Shenhua menuduh kapten Shanghai SIPG Sun Xiang melakukan pelanggaran dengan sengaja.

Liputan6.com, Shanghai - Kapten Shanghai SIPG, Sun Xiang, memang telah meminta maaf kepada Demba Ba. Namun bukan berarti pelanggaran brutal yang dilakukannya bakal terlupakan begitu saja. Sebab, klub Shanghai Shinhua meminta Asosiasi Sepak Bola Tiongkok (CFA) mengusut tuntas insiden tersebut. 

Shanghai Shinhua yang bermain di Liga Super Tiongkok menilai Sun Xiang sengaja melakukan tackling brutal yang menyebabkan kaki Demba Ba patah. Akibatnya, mantan pemain Newcastle United dan West Ham tersebut terancam mengakhiri karier profesionalnya lebih cepat. 

Dalam suratnya kepada CFA, Shenhua memberikan daftar pelanggaran kasar yang telah dilakukan oleh para pemain SIPG sepanjang derby Shanghai, Minggu (17/7/2016). Pertandingan memang berlangsung dalam tensi tinggi di mana wasit mengeluarkan 10 kartu kuning dan 1 kartu merah.   


"Pada menit ke-20 babak kedua, pemain kami Demba Ba, yang tengah menyerang, ditendang secara sengaja oleh bek lawan Sun Xiang. Ba mengalami cedera serius dan laporan medis dari rumah sakit menunjukkan dia mengalami patah tulang tibia dan fibula di kaki. Itu adalah pelanggaran keji," begitu yang tertulis dalam surat tersebut, seperti yang dilansir Shanghai Daily.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Desak Komdis CLS

Shenhua juga menyinggung soal tiga pelanggaran lainnya, termasuk aksi Sun yang memukul mata winger Shenhua, Lu Zheng, di akhir babak pertama. Selain itu, gelandang Cai Huikang dikritik karena menyikut Wang Yung dan menginjak lutut Giovanni Moreno saat perpanjangan waktu.

"Kami mendesak komite disiplin CSL untuk melihat lagi video pertandingan dan menghukum Sun dan Cai atas tindakan mereka," demikian isi surat yang telah diunggah dalam laman resmi klub, Senin (18/7) sore.

Demba Ba merupakan korban terparah derby Shanghai. Mantan striker Chelsea itu kini terbaring di rumah sakit setelah menderita patah kaki akibat tackling horor kapten SIPG, Sun Xiang. Insiden terjadi pada menit ke-65 saat Demba Ba tengah menggiring bola. Sun Xiang yang berusaha menghentikan aksi tersebut justru menginjak kaki Demba Ba hingga menderita patah tulang. 

Lihat videonya di bawah ini:

vidio:](https://www.vidio.com/watch/397682-video-detik-detik-kaki-demba-ba-patah-ditekel-lawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.