Sukses

PSSI Sepakat Pulihkan Status Persebaya 1927

Persebaya Surabaya 1927 sudah memenuhi syarat untuk tampil di kompetisi resmi Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Komite Eksekutif (Exco) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia ( PSSI) berjanji akan memulihkan status Persebaya Surabaya 1927. Syaratnya, tim asal Surabaya tersebut harus mengawali kiprahnya dari kompetisi level terendah Tanah Air.

Hal ini diungkapkan salah seorang Komite Exco PSSI, Tonny Apriliani, saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (2/8/2016). Tony sebelumnya juga sempat menemui rombongan suporter Persebaya 1927, Bonek,di Stadion Tugu, Jakarta Utara, sore tadi. Ribuan Bonek sengaja datang ke Ibu Kota untuk memperjuangkan nasib tim kesayangannya lewat KLB PSSI, besok.

"Ya, itu memang benar. Setelah para Exco melakukan pertemuan, kami sepakat untuk memulihkan status mereka," kata Tony.

Menurut Tony, sebelumnya PSSI menolak kehadiran Persebaya 1927 karena ingin langsung bermain di kasta tertinggi. Namun sikap ini berubah setelah Persebaya (1927) saat ini sudah memenuhi syarat untuk tampil di kompetisi resmi di bawah PSSI.

"Jadi, syarat jika statusnya sudah dipulihkan, mereka harus memulainya dari level bawah. Bonek pun tidak keberatan tim mereka mulai dari level paling bawah," beber Tony.

Meski demikian, KLB PSSI yang akan berlangsung di Ancol, Rabu (3/8/2016), tidak akan membahas soal Persebaya 1927. Sebab sejak awal FIFA tidak mengagendakannya. Menurut Tony, pemulihan baru akan dibahas pada Kongres selanjutnya.

"Tadinya kami minta FIFA untuk membahas hal tersebut pada KLB besok. Tapi mereka menolaknya. Jadi, pemulihan Persebaya baru akan disahkan pada Kongres selanjutnya," kata Tony. 

Sementara itu, Wakil Ketua Panpel KLB PSSI, Tommy Welly, saat dihubungi terpisah, mengatakan tidak mengagendakan pertemuan dengan perwakilan Bonek yang datang ke Jakarta. Agenda KLB (PSSI) juga menurutnya sudah ditetapkan, yakni memilih Komite Pemilihan dan Komite Banding Pemilihan saja. "Kalau pun ada rencana mengenai pertemuan dengan Bonek setelah adanya komunikasi dengan Sekjen, itu bisa dipastikan bakal berlangsung di luar KLB," kata Tommy Welly.

Ribuan Bonek menyambangi Jakarta untuk memperjuangkan nasib Persebaya 1927. Suporter yang identik dengan warna hijau itu datang bergelombang sejak Senin (1/8/2016). Mereka kini dikumpulkan di Stadion Tugu, Jakarta Utara. Rencananyanya rombongan Bonek yang telah berada di Jakarta akan menyampaikan aspirasinya pada KLB PSSI, Rabu (3/8/2016). 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini