Sukses

Lepas Sanksi FIFA, Bachdim Berharap Indonesia Lebih Kuat

Menginjak tahun ketiga, Bachdim semakin berkembang sebagai pesepak bola.

Liputan6.com, Jakarta - Irfan Bachdim telah tiga musim berkarier di Liga Jepang (J.League). Setelah setahun membela Ventforet Kofu, ia kini membela klub Divisi Dua, Consadole Sapporo.

Menginjak tahun ketiga, Bachdim semakin berkembang sebagai pesepak bola. Tak heran namanya dipanggil Alfred Riedl untuk seleksi tim nasional (timnas) Indonesia di ajang Piala AFF 2016.

Akhir pekan lalu Bachdim mendapat kesempatan wawancara dari media resmi J.League melalui Youtube. Ia banyak berbicara tentang perkembangan kariernya, timnas Indonesia, dan targetnya bersama Consadole.

"Perbedaan tim musim lalu dengan sekarang adalah tim yang lebih solid. Musim ini para pemain asing lebih banyak menghabiskan waktu bersama pemain lokal," ujar Bachdim.

"Target saya musim adalah bermain sebanyak mungkin dalam pertandingan. Namun tim menjadi prioritas ketimbang individu, jadi saya tak bisa berkata apa-apa" ujarnya menambahkan.

Bachdim telah 26 kali membela timnas Garuda dan mencetak tujuh gol. Namanya kemungkinan besar akan kembali terpanggil untuk Piala AFF, November mendatang.

"Sepak bola Indonesia telah mulai lagi dari awal. Meski levelnya tidak setinggi Jepang, namun saya berharap kami bisa kembali lebih kuat," kata Bachdim.

Berikut video wawancara Bachdim yang diunggah di J.Leaguechannel:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.