Sukses

Comeback Sempurna Lionel Messi

Memegan ban kapten, Messi jadi pahlawan Argentina saat melawan Uruguay.

Liputan6.com, Mendoza - Setelah dua bulan 'pensiun', Lionel Messi akhirnya kembali membela Timnas Argentina. Striker Barcelona itu langsung menunjukkan sihirnya dengan menjadi penentu kemenangan Tim Tango atas Uruguay.

Argentina menang 1-0 atas Uruguay dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan, Jumat (2/9/2016) pagi WIB. Messi mencatatkan namanya di papan skor pada menit 43. Memegan ban kapten, Messi berhasil melewati tiga bek sebelum menuntaskan peluang dengan tendangan ke tiang dekat.

Masyarakat Argentina begitu lega La Pulga kembali. Mereka sempat susah tidur ketika Messi mendadak mengumumkan dirinya pensiun, usai kekalahan dari Cile di Final Copa Amerika.

Messi saat itu serius. Ia benar-benar kecewa kalah adu penalti dari Cile. Terlebih lagi, Messi yang jadi eksekutor pertama gagal melaksanakan tugasnya. Tiga kekalahan beruntun di final (Piala Dunia 2014, Copa Amerika 2015, Copa Amerika 2016) sudah cukup bagi Messi untuk mengambil keputusan gantung sepatu.
Lionel Messi di laga Argentina vs Uruguay (Reuters)
Sebenarnya, kegagalan Argentina bukan salah Messi semata. Apalagi dalam 23 tahun terakhir, ketiga final itu adalah langkah terjauh Albiceleste di turnamen internasional.

Beruntung Argentina memiliki sosok Edgardo Bauza. Pelatih baru Argentina itu berhasil merayu Messi untuk kembali mengenakan jersey negaranya. Dan Messi pun langsung unjuk kebolehan.

Bermain dengan formasi 4-2-3-1, Messi menempati posisi playmaker. Ia diapit Angel Di Maria dan Paulo Dybala yang bermain di sayap. Sementara striker tunggal ditempati bomber Atlético Mineiro, Lucas Pratto.
Lionel Messi di laga Argentina vs Uruguay (Reuters)
Selama 90 menit, Argentina mampu mendominasi pertandingan. Pergerakan liar Pratto juga membuat lini belakang Uruguay sibuk. Sementara Dybala rajin melakukan tusukan-tusukan berbahaya ke kotak penalti.

Messi sendiri sering menjemput bola ke belakang. Ia terus membantu rekan-rekannya. Kerja keras Messi akhirnya terbayarkan pada menit 43. Ia melepas tembakan dari luar kotak penalti yang tak mampu dihentikan kiper Uruguay Fernando Muslera.

"Aku sangat senang kembali ke timnas," kata Messi kepada TV Publica.

"Namun aku tidak pernah menipu siapa pun. Ketika aku pensiun, aku benar-benar merasakannya," kata dia.

Messi terlihat begitu bahagia dengan golnya. Ia langsung menunjuk tribun fans Argentina dan memeluk rekan-rekannya.

Itu adalah kemenangan vital Argentina. Tim Tango kini melesat ke puncak klasemen zona CONMEBOL babak kualifikasi Piala Dunia 2018. Dan ini semua berkat Messi.
Lionel Messi di laga Argentina vs Uruguay (Reuters)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.