Sukses

Indonesia Vs Malaysia: Adu Tajam Boaz dan Hazwan

Boaz dan Hazwan bakal jadi tumpuan untuk mencetak gol di laga uji coba ini.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia akan menjamu Malaysia pada laga uji coba di Stadion Manahan, Solo, Selasa (6/9/2016). Laga ini dipastikan bakal berlangsung seru karena juga akan menjadi panggung persaingan dua bomber haus gol dari dua negara, yakni Boaz Solossa dan Ahmad Hazwan.

Boaz telah menjadi andalan lini depan timnas Indonesia sejak 2004. Sepanjang kariernya membela Tim Garuda, Boaz telah mencetak delapan gol dari 34 pertandingan.

Karier Boaz bersama Timnas Indonesia diawali ketika dia melakukan debut melawan Turkmenistan pada tahun 2004 untuk kualifikasi Piala Dunia 2006. Pada laga yang akhirnya dimenangkan oleh Indonesia dengan skor akhir 3-1 itu, Boaz mampu menciptakan dua assist.

Ketajaman Boaz bersama timnas Indonesia berlanjut pada gelaran Piala Tiger 2004. Pada saat itu, pemain Persipura Jayapura ini mampu mencetak empat gol disepanjang fase grup. Sayang, performa apik Boaz tak mampu berbuah trofi, karena Indonesia harus menyerah dari Singapura di partai puncak.

Kendati demikian, perjalanan karier Boaz bersama timnas Indonesia tak selalu berjalan dengan mulus. Adik kandung Ortizan Solossa ini sempat terancam mengakhiri karier sepak bolanya lebih cepat karena mengalami cedera patah kaki parah dalam pertandingan persahabatan melawan Hong Kong. Beruntung Boaz bisa pulih dan mampu kembali memperkuat timnas Indonesia lagi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Momen Boaz

Momen paling mengesankan Boaz bersama timnas Indonesia terjadi pada tahun 2010. Saat itu, Indonesia menjamu Uruguay dalam laga persahabatan yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno.

Diperkuat dengan para pemain bintangnya, Uruguay mampu memenangi laga dengan skor telak 7-1 berkat hat-trick Edinson Cavani dan Luis Suarez serta satu gol dari Sebastián Eguren. Meski kalah, Boaz tampaknya masih bisa tersenyum karena dia menjadi pemain Indonesia yang mampu mengoyak salah satu negara dengan sepak bola terbaik di Amerika Selatan itu.

Beralih ke sisi lain, Malaysia juga memiliki penyerang yang tak kalah berkualitas dalam diri Ahmad Azwan. Masih berusia 25 tahun, Azwan selalu menjadi langganan mengisi skuat Harimau Malaya dalam beberapa waktu terakhir. Tercatat, pemain Selangor itu telah mengoleksi enam gol dari 13 caps bersama Malaysia.

Kualitas yang dimiliki Azwan sebagai tukang juru gedor memang bukan main-main. Pasalnya, saat masih memperkuat timnas Malaysia U-23, Azwan mampu mencetak total 25 gol hanya dari 28 caps.

Kendati belum mempersembahkan satu trofi pun untuk Negeri Jiran, Azwan memiliki prestasi pribadi yang sangat mengesankan yakni sebagai pencetak hat-trick termuda di timnas Malaysia. Pencapaian itu dia raih ketika Malaysia menang telak 6-0 atas Sri Lanka pada laga uji coba yang digelar 28 April 2012.

(Yosef Deny Pamungkas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini