Sukses

Dapat Ejekan dari Fans Inggris, Southgate Cemas Rooney Tertekan

Menurut Southgate, Rooney salah satu pemain yang bangga bermain untuk Timnas Inggris.

Liputan6.com, London - Pelatih interim Timnas Inggris, Gareth Southgate, tidak mengerti mengapa sejumlah suporter negaranya mengejek Wayne Rooney dengan sorakan dalam laga kontra Malta, Minggu (9/10/2016) dini hari WIB. Menurut Southgate, Rooney yang berstatus kapten Timnas Inggris diperlakukan oleh fans seperti sampah.

Dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa Grup F itu, Inggris menang 2-0 atas Malta di Wembley, London. Dua gol The Three Lions dicetak Daniel Sturridge dan Dele Alli.

 

Southgate yang dalam pertandingan itu memainkan Rooney di lini tengah, berpendapat, kritikan terus menerus bisa membuat pemain Manchester United itu tertekan. Dia menilai, tidak adil bagi Rooney untuk mendapat kritikan maupun ejekan.

"Saya memainkan dia dalam sepekan dan membuat dia masuk dalam daftar pemegang rekor caps terbanyak Timnas Inggris. Tapi, setiap perdebatan tampaknya hanya fokus pada dia. Tidak adil mengkritik dia, yang bermain dengan kebanggaan sebagai kapten negaranya," ucap Southgate, seperti dilansir Goal.

"Saya melihat kembali ke (John) Terry, (Frank) Lampard, Ashley Cole, yang menerima kritikan terus-menerus, dan mereka terus berjuang hingga garis batas dan memilih mundur," jelasnya,

Southgate khawatir Rooney tertekan dengan sikap fans yang tidak menunjukkan respek. Mantan pelatih Timnas Inggris U-23 ini menyatakan, seharusnya fans membantu Rooney melalui saat-saat sulit untuk kembali ke performa terbaiknya.

"Mereka adalah orang yang sangat ingin bermain untuk Inggris dan saya pikir Wayne ada dalam kategori tersebut. Saya tidak mengerti tentang ejekan itu, tapi tampaknya menjadi pemandangan biasa," paparnya.

"Saya tidak tahu, apa yang diharapkan untuk membantu dia dengan mengejek. Saya tidak mengerti dengan ejekan itu," tutur Southgate.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.