Sukses

Sihir Klopp Mengubah Peruntungan Liverpool

Klopp mampu mengubah Liverpool dari klub yang tak diunggulkan menjadi salah satu kandidat juara.

Liputan6.com, Jakarta- Fans Liverpool tengah berbunga-bunga di awal musim 2016/2017. Klub kebanggaan mereka tampil ciamik. The Reds mampu memimpin klasemen Liga Inggris. Mereka cuma kalah selisih gol dari Arsenal dan Manchester City.

Dari sembilan laga yang sudah dilakoni di Liga Inggris pada 2016/2017, Liverpool meraih enam kemenangan dan cuma kalah satu kali saja. Total 20 poin didapat oleh Liverpool.

Yang lebih hebat, Liverpool sudah mengalahkan klub-klub besar Liga Inggris. Philippe Coutinho cs mempermalukan Chelsea 2-1, mencukur Leicester City 4-1, menekuk Arsenal 4-2 serta menahan imbang Manchester United dan Tottenham Hotspur.

Dengan sudah menghadapi klub-klub besar, Liverpool berpeluang melesat meninggalkan Arsenal dan City. Tak hanya di Liga Inggris, Liverpool juga berprestasi di Piala Liga Inggris. Semalam klub yang bermarkas di Anfield itu menang 2-1 atas Tottenham Hotspur.

Kegemilangan Liverpool ini tak lepas dari tangan dingin manajer Jurgen Klopp. Pria Jerman itu mampu menerapkan strategi yang cocok serta jeli dalam membeli pemain di bursa transfer musim panas lalu.

Pada bursa transfer musim panas lalu Liverpool tidak mengeluarkan uang sebanyak MU dalam membeli pemain. Total Klopp hanya menghabiskan sekitar 80 juta euro. Namun Klopp melakukan pembelian pemain yang efektif.

Pemain-pemain yang dibeli mampu memberikan kontribusi maksimal. Kiper Loris Karius menggeser Simon Mignolet. Bek Joel Matip yang didapat dengan gratis mampu jadi pengganti Martin Skrtel.

Di lini tengah, gelandang Giorginio Wijnaldum kini jadi idola baru Liverpudlian. Wijnaldum menjalin kerja sama yang bagus dengan Jordan Henderson.
Sadio Mane jadi bintang baru Liverpool (Reuters)
Rekrutan termahal Sadio Mane menjadi pembelian terbaik The Reds. Pemain berkebangsaan Senegal itu sangat tajam musim ini. Mane sudah mengoleksi empat gol.

Klopp mampu memadukan pemain-pemain baru Liverpool dengan penggawa lama. Rival sekota Everton itu menonjolkan permainan kolektivitas. Tak ada pemain yang benar-benar dominan.
Firmino digeser menjadi penyerang utama oleh Klopp (Reuters)
Mantan arsitek Borussia Dortmund itu juga berani turun tanpa penyerang murni. Akhir-akhir ini Klopp lebih sering menurunkan Roberto Firmino sebagai penyerang meski posisi aslinya adalah gelandang serang.

Sentuhan emas Klopp membuat Liverpool mulai difavoritkan untuk bisa menjadi juara Liga Inggris musim ini. Mereka punya keunggulan dibanding klub pesaing karena bisa berkonsentrasi penuh di Liga Inggris. Liverpool musim ini absen di kompetisi Eropa.
Klopp membuat Liverpool menjadi tim disegani di Inggris musim ini (Reuters)
"Saya tidak peduli. Normal di sepak bola ketika Anda dalam posisi bagus orang-orang akan mulai berbicara sedikit lebih positif. Tapi saya tidak mengenali terlalu banyak apa yang orang-orang katakan mengenai kami," tutur Klopp seperti diberitakan BBC.

"Tentu saya menyadari suasana di sekitar klub dan itu bagus, tapi kami masih di bulan Oktober. Ada jalan panjang yang harus dilalui," tutur Klopp.








* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.