Sukses

Jelang MotoGP Valencia, Rossi Keluhkan Kinerja Motor

Valencia akan menjadi seri terakhir di MotoGP 2016.

Liputan6.com, Valencia - Hasil latihan bebas pertama dan kedua MotoGP Valencia 2016 di Sirkuit Ricardo Tormo, Jumat (11/11/2016), tak memuaskan pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi. Dalam dua kesempatan itu, ia kesulitan menemukan kecepatan terbaiknya.

Pada latihan bebas pertama, The Doctor kalah cepat dari rekan setimnya, Jorge Lorenzo. Lorenzo yang mencatatkan waktu 1 menit 31,045 detik unggul 0,387 detik dari Rossi. Namun, ia mampu mengungguli pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, yang duduk di posisi ketiga.

Pada latihan bebas kedua, catatan waktu pembalap asal Italia itu memang membaik. Namun, kecepatannya tak cukup untuk menyaingi Lorenzo, Marquez, Maverick Vinales, hingga Pol Espargaro. Itu mengapa ia hanya bisa menempati posisi kedelapan.

"Kami memulai pagi ini dengan cara yang cukup baik. FP1 cukup bagus. Saya menempatkan ban belakang keras meski suhunya sedikit dingin. Tapi, saya merasa sangat nyaman dengan ban dan motor," kata Rossi seperti dikutip Crash.

"Kami juga mencoba ban depan keras, tapi untuk sesi sore hari jauh lebih sulit. Bagian belakang tak cukup memberikan grip. Setelah dua sampai tiga lap, saya harus berjuang."

Tingkat Kesulitan

Sekadar catatan, Valencia memang menjadi seri yang sulit dikuasai pembalap berusia 37 tahun itu sejak lama. Seri yang hampir selalu ditempatkan di akhir musim itu kerap memberikan kesulitan bagi dirinya.

Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo bakal menjalani balapan pamungkas sebagai sesama pembalap Movistar Yamaha di MotoGP Valencia, Minggu (13/11/2016). (EPA/Emanuel Bruque)

Buktinya, baru dua kali Rossi bisa merebut podium juara MotoGP Valencia. Sukses itu juga sudah cukup lama didapatnya. Tercatat, kemenangan pengoleksi tujuh gelar juara dunia MotoGP itu diraih pada musim 2003 dan 2004.

"Saya tak senang dengan pengaturan, khususnya keseimbangan motor. Dalam banyak tikungan, saya harus berjuang keras. Saya tak cukup kuat. Jadi sekarang kami harus memeriksa data, mencoba bekerja dan memperbaiki keseimbangan untuk sesi selanjutnya," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.