Sukses

Begini Skenario Indonesia agar Lolos ke Semifinal Piala AFF 2016

Hasil imbang ini membuat Indonesia terpuruk di dasar klasemen Grup A.

Liputan6.com, Jakarta- Timnas Indonesia kembali meraih hasil mengecewakan di Piala AFF 2016. Pada laga kedua Grup A, pasukan Alfred Riedl gagal mengalahkan tuan rumah Filipina, Selasa (22/11/2016). Sempat unggul dua kali, Indonesia dipaksa bermain imbang 2-2.

Indonesia memulai laga melawan Filipina dengan baik. Di menit ketujuh, bek Fachruddin Aryanto membawa Indonesia unggul usai memanfaatkan umpan Stefano Lilipaly. Filipina bisa menyamakan skor di menit 31 melalui aksi Misagh Bahadoran.

Di babak kedua, tepatnya pada menit 68, Indonesia kembali memimpin setelah sontekan Boaz Solossa bersarang ke gawang Filipina. Kemenangan yang sudah di depan mata sirna setelah Phil Younghusband memperdaya Kurnia Meiga Hermansyah lewat tendangan bebas.

Hasil imbang ini membuat Indonesia terpuruk di dasar klasemen Grup A. Dari dua laga, Boaz dkk cuma mendapat satu angka. Di laga pertama, Skuat Garuda dilumat Thailand 2-4.

Kondisi ini membuat Indonesia terancam tidak bisa lolos ke babak semifinal Piala AFF 2016. Syarat untuk mendapatkan tiket ke semifinal sangat berat.

Indonesia harus menang pada laga pamungkas Grup A, Jumat (25/11/2016), melawan Singapura, yang sama-sama baru mengemas satu angka. Tak hanya menang, nasib Indonesia juga bergantung pada laga lainnya.

Kemenangan atas Singapura akan sia-sia jika di saat yang bersamaan Filipina mampu mengalahkan Thailand. Saat ini Filipina berada di posisi dua klasemen dengan dua angka.

Thailand Simpan Kekuatan

Celakanya, Thailand kemungkinan besar akan menyimpan kekuatan dan memainkan pemain lapis kedua kala bersua Filipina. Pasalnya Thailand sudah dipastikan menjadi juara Grup A karena selalu menang dari dua laga.

Kekalahan dari Filipina tidak akan mempengaruhi posisi Thailand. Dengan Thailand menurunkan pemain-pemain lapis kedua, Filipina punya peluang bagus untuk meraih poin penuh di laga terakhir.

Indonesia baru akan lolos ke semifinal mendampingi Thailand jika menang atas Singapura dan Filipina minimal hanya bermain imbang dengan Thailand.

Tugas Berat Riedl

Kini, tugas berat berada di pundak Riedl. Pria asal Austria itu harus mampu memilih susunan pemain yang tepat saat berhadapan dengan Singapura.

Perubahan kemungkinan akan dilakukan di sektor belakang. Pasalnya, dari dua laga awal, gawang Indonesia sudah kebobolan enam gol.

Jika masih lini belakang keropos seperti ketika melawan Filipina dan Thailand, akan sangat berat bagi Indonesia untuk bisa memetik poin penuh atas Singapura di laga terakhir. Pasalnya, Singapura sendiri dipastikan juga akan habis-habisan menyerang demi meraih kemenangan.

Klasemen Piala AFF

Klasemen Sementara Piala AFF 2016

Grup A

1. Thailand      2     2     0     0     5-2     6   

 2. Filipina        2     0     2     0     2-2     2

3. Singapura    2     0     1     1     0-1     1     

4 . Indonesia   2     0     1     1     4-6     1

Grup B

1. Malaysia     1     1     0     0     3-2     3

2. Vietnam     1     1     0     0     2-1     3

3. Kamboja    1     0     0     1     2-3     0     

4. Myanmar    1     0     0     1     1-2    0

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini