Sukses

Ramahnya Kiatisuk dan Janji yang Ditepati untuk Indonesia

Kemenangan Thailand atas Filipina membuat Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2016.

Liputan6.com, Manila - Lolosnya Indonesia ke babak semifinal Piala AFF 2016 tidak lepas dari peran besar Thailand. Kemenangan tim Negeri Gajah Putih atas Filipina membuat timnas finis sebagai runner up Grup A.

Pada matchday terakhir Grup A, ketiga tim yakni Filipina, Indonesia, dan Singapura masih punya peluang lolos. Pasalnya Filipina punya dua poin, Singapura satu poin, dan Indonesia dua poin dari dua laga.

Artinya kemenangan bakal membuat peluang ketiga tim lolos ke semifinal masih terbuka. Terutama Filipina yang menduduki posisi runner up dalam laga terakhir.

Sayangnya, tuan rumah gagal memanfaatkan peluang itu. Mereka justru kalah 0-1 dari Thailand melalui gol Sarawut Masuk.

Meski menurunkan sebagian pemain pelapis, Thailand membuktikan tidak melepas laga ini dan bisa lolos dengan nilai sempurna.

Liputan6.com bertemu pelatih Thailand, Kiatisuk Senamuang di Bandara Ninoy Aquino, Manila sebelum pulang. Berpakaian jas lengkap, eks pemain dengan julukan Zico Asia itu dengan ramah menanggapi obrolan kami.

"Terima kasih buat Thailand, kemenangan Anda membuat Indonesia lolos," kata kami kepada Kiatisuk.

"Tentu saja tidak masalah. Sudah menjadi tanggung jawab kami untuk bermain serius di semua pertandingan," kata Kiatisuk menimpali.

Kemudian ia pun meladeni permintaan foto kami. Bahkan mengucapkan bahasa Indonesia, "Terima kasih, good luck for your team," ucapnya ramah.

"Semoga saja kita bertemu di final," ujar kami.

"Ya, ya tentu saja," ucapnya tersenyum.

Sebelum laga lawan Filipina, Kiatisuk memang pernah menyampaikan janji menarik untuk Indonesia. Ia tidak mau main setengah hati lawan Filipina meski sudah memastikan lolos.

Indonesia akan menantang Vietnam di semifinal Piala AFF 2016. Tim Garuda akan menjamu Vietnam terlebih dahulu pada 3 Desember mendatang sebelum melawat ke Hanoi empat hari kemudian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.