Sukses

Hansamu Masuk Daftar Pemain Muda Terbaik di Piala AFF 2016

Hansamu menyumbang dua gol buat Timnas Indonesia di Piala AFF 2016.

Liputan6.com, Jakarta Hansamu Yama Pranata memang tak bermain sejak awal petualangan Timnas Indonesia di Piala AFF 2016. Namun, peran vitalnya terhadap kesuksesan Timnas Indonesia melaju ke final diakui banyak pihak.

Awalnya, Hansamu kalah bersaing dengan Yanto Basna dan Fachruddin Aryanto untuk mendapatkan tempat di lini belakang Timnas Indonesia. Namun, keberutungan mulai menaunginya setelah kedua pemain tersebut diganjar kartu kuning saat Timnas Indonesia ditahan Filipina pada laga kedua Grup A.

Akibatnya, Yanto dan Fachruddin pun tak bisa memperkuat Timnas Indonesia saat melakoni laga pamungkas Grup A melawan Singapura. Pelatih Alfred Riedl sempat bingung menentukan sosok pengganti. Pilihan lainnya adalah Manahati Lestusen, Gunawan Dwi Cahyo, dan Hasamu sendiri.

Pada akhirnya, Riedl memutuskan untuk memasang Hansamu dan dipasangkan dengan Manahati. Sejak itu pula ia mencuri perhatian para penikmat ajang Piala AFF 2016. Bahkan, namanya pun masuk dalam daftar 10 pemain muda yang bersinar di Piala AFF 2016.

Laga melawan Singapura sendiri adalah debut Hansamu untuk Timnas Indonesia senior. Meski belum kenyang pengalaman, ia langsung mampu mencuri perhatian. Penyerang gaek Singapura sekaliber Khairul Amri pun dibuat tak berkutik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tangguh di Udara

Peran pemain berusia 21 tahun tersebut yang membuat Timnas Indonesia bisa menang 2-1 dan melaju ke semifinal sebagai runner-up Grup A. Tak sampai di situ, ia juga membuktikan diri sebagai bek yang tangguh dalam pertarungan bola-bola atas.

Buktinya, ia sukses mengoleksi dua gol dari empat penampilan di Piala AFF 2016. Satu golnya tercipta saat Timnas Indonesia menang 2-1 atas Vietnam pada leg pertama semifinal. Satu gol lain diciptakan pemain Barito Putera tersebut saat Timnas Indonesia menang 2-1 atas Thailand pada leg pertama final.

Hansamu Yama Pranata. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Selain Hansamu, ada nama pemain Thailand, Chanatip Songkrasin, yang menempati daftar pemain muda terbaik di Piala AFF 2016. Kebetulan, pemain berusia 23 tahun itu juga dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Piala AFF 2016. Total kontribusi Songkrasin selama Piala AFF 2016 adalah dua assist dan satu gol.

Sisanya, ada nama Khyaw Zin Phyo (Myanmar), Aung Thu (Myanmar), Siroch Chatthong, Chan Vathanaka (Kamboja), Luong Xuan Truong (Vietnam), Matthew Davies (Malaysia), Anumanthan Kumar (Singapura), dan Amanai Aguinaldo (Filipina).

3 dari 3 halaman

Video Pemain Muda Terbaik Piala AFF 2016

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.