Sukses

Bungkam Juventus, Milan Juara Piala Super Italia

Milan juara Piala Super Italia usai mengalahkan Juventus lewat drama adu penalti.

Liputan6.com, Doha - AC Milan meraih trofi pertamanya musim ini. Rossoneri merebut gelar juara Piala Super Italia setelah mengalahkan Juventus lewat drama adu penalti 4-3 (1-1) di Jassim Bin Hamad Stadium, Doha, Sabtu (24/12/2016) dinihari WIB.

Bermain di tempat netral, laga ini berlangsung ketat sejak menit awal. Peluang pertama didapat Juve pada menit ke-8. Tetapi, tendangan Mario Mandzukic masih bisa ditepis kiper Gianluigi Donnarumma dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Juve akhirnya unggul lebih dulu melalui gol Giorgio Chiellini di menit ke-18. Sontekan Chiellini meneruskan umpan sepak pojok Miralem Pjanic tak bisa diantisipasi Donnaruma. Skor 1-0 untuk Juve.

Tertinggal, Milan mencoba untuk meningkatkan serangan. Melalui Suso, Giacomo Bonaventura, dan Carlos Bacca, pasukan Vincenzo Montella ini kerap merepotkan lini pertahanan yang ditunggu.

Milan akhirnya dapat menyamakan skor di menit 38. Umpan silang Suso yang disambut Bonaventura meluncur ke pojok kanan gawang tak bisa dijangkau kiper Gianluigi Buffon. Skor 1-1.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Di babak kedua, pertandingan kembali berlangsung ketat. Baik Juve maupun Milan saling balas melancarkan serangan. Di menit 70, Juve mendapat peluang mencetak gol. Tapi, sepakan keras Sami Khedira dengan cekatan diblok Donnaruma.

Peluang kembali didapat klub berjuluk Nyonya Tua ini. Kali ini lewat tendangan kaki kiri Paulo Dybala. Sayang, bola masih menyamping tipis di sisi kiri gawang Milan.

Enam menit jelang laga berakhir, Milan balik mengancam. Umpan Suso dari sisi kanan disambar Bacca. Tapi, Buffon dengan sigap menggagalkan peluang emas tersebut. Skor tidak berubah membuat laga dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Di babak perpanjangan waktu, Milan sedikit mendominasi pertandingan. Lewat Suso, mereka terus mengancam lini belakang Juve.

Pada menit ke-111, Juventus akhirnya mencetak gol lewat Patrice Evra. Tapi, gol itu dianulis wasit karena asisten wasit telah mengangkat bendera tanda bek kiri Juve itu sudah dalam posisi offside.

3 dari 3 halaman

Adu Penalti

Masih imbang, pertandingan kemudian diselesaikan lewat adu penalti. Dalam drama ini, eksekusi dua pemain Juve gagal menghasilkan gol. Tendangan Mandzukic membentur mistar gawang, sementara sepakan Dybala bisa ditepis Donnaruma. Hanya eksekusi Marchisio, Higuain, dan Khedira yang sukses.

Sementara empat eksekutor penalti Milan sukses menjalan tugasnya. Mereka adalah Bonaventura, Kucka, Suso, dan Pasalic. Sedangakan eksekusi penalti Lapadula bisa ditepis Buffon. Milan pun menang dengan skor 4-3 (1-1)

Susunan pemain

Juventus: 1 G. Buffon, 26 S. Lichtsteiner, 24 D. Rugani, 3 G. Chiellini, 12 Alex Sandro (33 P. Evra, 33), 6 S. Khedira, 8 C. Marchisio, 27 S. Sturaro (18 M. Lemina, 79), 5 M. Pjanic (21 P. Dybala, 67), 9 G. Higuain, 17 M. Mandzukic

AC Milan: 99 G. Donnarumma, 20 I. Abate (21 L. Antonelli, 102), 29 G. Paletta, 13 A. Romagnoli, 2 M. De Sciglio, 33 J. Kucka, 73 M. Locatelli (80 M. Pasalic, 74), 91 A. Bertolacci, 8 Suso, 70 C. Bacca (9 G. Lapadula, 102), 5 G. Bonaventura

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.