Sukses

5 Pembalap Calon Juara Dunia MotoGP 2017

Marquez berstatus sebagai juara bertahan MotoGP 2017, Rossi masih termotivasi rebut juara dunia ke-10.

Liputan6.com, Jakarta - MotoGP 2017 baru memasuki tes pramusim pertama yang berlangsung di Sirkuit Sepang, Malaysia. Sejumlah pembalap menunjukkan potensi bakal menjadi pesaing kuat merebut juara dunia MotoGP 2017.

Marc Marquez, yang berstatus sebagai juara dunia MotoGP 2016 tidak akan mudah mempertahankan gelarnya. Perpindahan beberapa pembalap ke tim lain turut memengaruhi peluang juara ajang balap motor paling bergengsi di dunia ini.



Jorge Lorenzo meninggalkan Movistar Yamaha untuk bergabung dengan Ducati Corse. Sementara, Maverick Vinales bergabung dengan Movistar Yamaha setelah tahun lalu bersinar bersama Suzuki Ecstar.

Andrea Iannone kini menjadi pengganti Vinales di Suzuki Ecstar untuk MotoGP 2017. Kejutan dari para pembalap senior juga bukan mustahil terjadi, mengingat Dani Pedrosa dan Valentino Rossi masih sanggup bersaing di barisan depan.

Sirkuit Losail, Qatar, tetap dipercaya untuk membuka seri perdana musim ini pada 26 Maret 2017. Siapa saja lima pembalap calon juara dunia MotoGP 2017? Berikut daftarnya versi Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Jorge Lorenzo

5. Jorge Lorenzo

Kepindahan Lorenzo ke Ducati Corse banyak dinilai sebagai keputusan yang kurang tepat. Karakter motor Ducati yang agresif dinilai tidak cocok dengan gaya balap Lorenzo.

Tapi, Lorenzo perlahan menepis anggapan tersebut dengan membuat sejumlah kemajuan bersama Ducati. Apalagi, pembalap berjulukan X-Fuera ini dikenal pantang menyerah sekaligus mampu mementahkan prediksi lewat aksinya.

Konsistensinya ketika sudah memimpin balapan juga menjadi kelebihan pembalap berusia 29 tahun ini. Berstatus juara dunia MotoGP tiga kali, sudah seharusnya Lorenzo jadi kandidat terkuat.

3 dari 6 halaman

Dani Pedrosa

4. Dani Pedrosa

Tidak sedikit yang mulai meragukan Dani Pedrosa di lintasan balap MotoGP. Tahun lalu, Pedrosa sempat juara di MotoGP San Marino.

Itu menjadi bukti bahwa pembalap Repsol Honda ini masih mampu bersaing di papan atas. Usia Pedrosa sekarang telah menginjak 31 tahun. Tentu dia masih berambisi menjadi juara dunia MotoGP untuk pertama kalinya.

Pembalap asal Spanyol ini tiga kali menjadi runner up MotoGP yakni, 2007, 2010, dan 2012. Belakangan cedera menjadi kendala Pedrosa untuk menjadi juara dunia. Namun, bila kondisinya fit sepanjang tahun, ia bisa sangat berbahaya.

4 dari 6 halaman

Maverick Vinales

3. Maverick Vinales

Tidak ada yang meragukan bakatnya di lintasan balap motor. Vinales bersinar bersama Suzuki Ecstar pada musim MotoGP 2016, bahkan sempat naik podium teratas pada MotoGP Inggris.

Kepindahannya ke Movistar Yamaha tahun ini diyakini banyak pihak membuatnya kian berpeluang lebih banyak finis di posisi podium. Hal itu tentu akan berdampak pada kans Vinales menjadi juara MotoGP 2017.

Usia Vinales sendiri baru menginjak 22 tahun, yang semakin menguatkan motivasi untuk mengalahkan para seniornya. Vinales juga menunjukkan performa mengesankan saat tes pasca musim bersama Yamaha, November tahun lalu.

5 dari 6 halaman

Valentino Rossi

2. Valentino Rossi

Rossi saat ini terus berusaha mengejar gelar juara dunia ke-10 sepanjang karier balapnya. Tiga musim terakhir MotoGP, pembalap asal Italia ini harus puas selalu hanya jadi runner up.  

Usia Rossi sekarang telah menginjak 37 tahun. Tahun ini pembalap berjuluk "The Doctor" itu belum menyerah untuk kembali mengakhiri musim sebagai juara dunia MotoGP.

Motivasi Rossi sama sekali belum luntur untuk mengalahkan para pesaing terberatnya di lintasan balap. Apalagi, Rossi masih menunggangi motor Yamaha, yang selama ini selalu membuatnya bisa bersaing di barisan depan.

6 dari 6 halaman

Marc Marquez

1. Marc Marquez

Tidak pernah ada yang meragukan kualitas dan kemampuan Marc Marquez di lintasan balap. Pembalap Repsol Honda ini menatap MotoGP 2017 dengan status sebagai juara bertahan.

Agresivitas dan kecepatan Marquez kerap membuat para pesaingnya kesulitan memberikan perlawanan. Marquez dijuluki The Baby Alien, untuk menguatkan citra bocah yang mampu menunjukkan kemampuan balap seperti makhluk yang bukan dari bumi.

Di usia yang baru 23 tahun, Marquez sudah mengoleksi tiga gelar juara dunia MotoGP. Ia masih menjadi kandidat terkuat menjadi juara dunia MotoGP 2017 dengan motor menunjang dan kemampuannya bersaing di papan atas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini